Minggu, 01 April 2018

8 Times Kim Nam Joo Slay As Misty's Go Hye Ran

Kim Nam Joo as Go Hye Ran

Misty sudah tamat seminggu yang lalu, tapi saya masih kebayang-bayang alur cerita, ending, dan tentu saja Go Hye Ran dan semua kekerenannya. Misty sebenernya termasuk salah satu drama yang saya nggak nyangka bakal nonton dan ngikutin sampai akhir, dan kalau dari segi dramanya keseluruhan sebenernya saya nggak suka-suka banget juga. Tapi ceritanya bikin penonton terus tertarik buat ngikutin kelanjutannya, bikin penasaran dengan berbagai twist dan tentunya kabut; sama seperti judulnya, yang ada di dalamnya.

Yang paling saya suka dari drama Misty adalah Go Hye Ran yang diperankan dengan sangat amat apik oleh Kim Nam Joo (Queen of Reversal, Queen of Housewife, My Husband Got Family). Saya sendiri baru pertama kali nonton dramanya Kim Nam Joo, tapi karena lihat dia di Misty jadi penasaran mau nonton drama-dramanya yang lain. Kim Nam Joo benar-benar bersinar sempurna di Misty, yang kalau bisa saya bilang drama Misty adalah Go Hye Ran dan begitu pula sebaliknya. Saking kuatnya tokoh Go Hye Ran di drama itu.

Saya pribadi emang suka sama tokoh-tokoh wanita dengan tipe strong unnie, yang dengan kerennya menyelesaikan masalah-masalah mereka. Sebelumnya juga ada tokoh semodel itu yang saya temui di drakor, kayak Jo Soo Ji di Lookout, cuma Go Hye Ran ini di sisi yang berbeda. Go Hye Ran bukan hero kayak Jo Soo Ji, bukan orang baik tapi bukan juga orang jahat. Justru banyak cara-cara yang dia lakukan itu yang agak menyimpang, tapi di satu sisi prinsip yang dia pegang itu benar.

Saya nggak buat review khusus drama Misty itu sendiri, karena seperti yang saya bilang sebelumnya, kalau sebenernya dari segi keseluruhan drama ini saya nggak suka-suka banget. Drama ini terlalu banyak kabut, pas banget kayak judulnya. Semakin nambah episode semakin tebal kabutnya sampai saya nggak tahu mau kemana arah drama itu, tapi anehnya tetep menarik buat ditonton. Tetep saya tungguin dan pantengin karena penasaran sama ceritanya, dan selalu kaget sama twist-twist nya. Plus selalu kagum sama apa yang dilakukan Go Hye Ran, meski nggak semuanya bisa dianggap benar.

Menurut saya, Misty ya memang benar-benar misty. Banyak kabut dan kisah-kisah gelap di dalamnya, yang bercabang tapi nggak lantas jadi berantakan dan tetap ada akhirnya juga. Awalnya saya kira drama ini cuma bakal menceritakan gimana seorang Go Hye Ran yang jadi tersangka pembunuhan dan suaminya, Kang Tae Wook (Ji Jin Hee; Second to Last Love, I Have a Lover), yang jadi pengacaranya sedangkan rumah tangga mereka sedang di ujung tanduk. Tapi ternyata seiring berjalannya cerita, drama ini menyangkut juga ke ranah kekuatan pers, permainan politik, sampai intrik dendam pribadi. Ya seperti yang saya bilang, banyak banget kabut dalam drama ini yang gelap tapi seru banget buat diikutin.

Kabut itu pun sampai ke detik-detik terakhir drama ini, yang kalau drama lain biasanya saya akan kecewa dengan ending yang terlalu open. Tapi karena dari awal saya nggak berekspektasi apapun, karena udah kelihatan kalau drama ini bakal banyak kabut dan jalan berliku; saya pun nggak kecewa. Saya bisa memaklumi kalau ending-nya begitu dan nggak protes apa-apa. Bahkan saya nggak berekspektasi apapun sama Go Hye Ran, dimana awal-awal saya mikir kalau dia mungkin emang benar-benar pelaku pembunuhan itu. Saking terlalu berkabutnya drama ini, dan saking tokoh-tokohnya digambarkan dengan cukup complicated. Tapi anehnya, lagi-lagi, meskipun complicated tapi nggak lantas bikin saya give up buat nonton di tengah jalan. Malah makin penasaran dan jadinya ikut mikir sama apa yang sebenernya terjadi.

Jadi saya pun hanya akan membahas tentang Go Hye Ran, di bagian-bagian yang menurut saya dia itu keren banget. Sebenernya banyak banget scene yang menunjukkan kerennya Go Hye Ran, sampai saya bilang bahwa drama Misty ya Go Hye Ran itu sendiri :) Tapi kan nggak mungkin juga saya tulis semua disini, jadi saya akan bahas bagian-bagian yang benar-benar bikin saya awe terhadap Go Hye Ran anchor-nim ini.

1. Anchor Greeting



Saya suka banget denger Go Hye Ran saat dia membawakan berita di News Nine, suaranya mantap dan terdengar sangat percaya diri; terutama saat dia greeting di pembukaan segmen. Selama ini saya nggak pernah merhatiin tokoh anchor yang ada di drama, tapi Go Hye Ran bikin saya terkagum-kagum dengan gaya membawa beritanya. Lugas, tegas, jelas; menyaingi anchor asli malah kata saya. Dan Go Hye Ran emang terlihat paling bersinar, paling percaya diri, saat dia membawakan beritanya.

2. Confrontation



"I have faced so many dead ends in life. 
I can't either progress or step back.
In that situation, I never ran away or avoided it. 
I always confront it. 
Either I get smashed, or you do. 
And I have never lost even once."

Scene ini yang bikin saya untuk pertama kalinya ber-awe ria terhadap Go Hye Ran. Disini dia cold, tapi juga cool; dan kerennya Kim Nam Joo bisa deliver perpaduan kedua emosi itu dengan sangat baik. Dia bikin orang geregetan karena sampai segitunya untuk mengalahkan orang yang menghalangi jalannya, tapi juga kagum karena konfrontasi yang dilakukannya. Emosi semacam ini di dunia nyata pun susah ditemuin kalau menurut saya, dan Kim Nam Joo bener-bener apik banget menyampaikan di drama ini!

3. Principle



"The realization of a just society. It might be a boring and old phrase to you, but it's such a desperate phrase to me like my life."

Di dua sampai tiga episode awal, saya nggak ngerti kenapa Go Hye Ran sampai segitunya untuk mendapatkan apa yang dia inginkan. Saya pikir mungkin itu cuma ambisi dan harga diri dia, yang ingin terus climbing higher sampai puncak tertinggi. Dan emang benar, Go Hye Ran selalu ingin climbing higher; tapi karena prinsipnya. Go Hye Ran ternyata punya prinsip untuk mewujudkan a just society, hal yang sebenernya saya nggak nyangka akan keluar dari dirinya. 

Karakter Go Hye Ran digambarkan sangat kuat sampai bener-bener nggak terduga kalau itu tujuan dia, dan emang diterapkan dengan benar sepanjang dia menyampaikan berita. Dia ingin climbing higher karena dia nggak mau ada yang menghalangi dia untuk menyampaikan berita, menyampaikan kebenaran yang layak diketahui masyarakat; demi tujuannya mewujudkan dunia yang adil itu. Meskipun sayangnya di ending ada kenyataan pahit yang berkaitan dengan prinsip yang dia pegang ini :(

4. Grabbing Chance



"You'll regret this. I'm certain."
"It's better than regretting for not taking the chance later. I've always been like that."

Line ini benar-benar menohok saya. Go Hye Ran bukannya nggak memiliki keraguan atau ketakutan atas pilihan yang diambilnya, tapi dia memutuskan untuk mengalahkan itu semua dan tetap mengambil kesempatan yang ada di depan mata. Hal itu salah satunya yang bikin Go Hye Ran bisa terus menapak naik dan berada di tempatnya sekarang, anchor ternama yang bukan cuma jadi boneka; yang mana itu adalah posisi yang sulit didapat terutama buat wanita di Korea Selatan sana.

5. Fight Back



"I have no more place to go. 
When a person has nothing to lose, they aren't scared of anything. 
I have nothing to left to protect."

Ketika pihak-pihak berkuasa berusaha keras menjatuhkan Go Hye Ran karena berita yang disampaikannya, Go Hye Ran nggak tanggung-tanggung untuk fight back. Di scene ini, kondisinya Go Hye Ran benar-benar sudah tersudut dan tentunya dia nggak terima diinjak-injak oleh orang-orang berkuasa itu. Jadi dia pun langsung balas menyerang orang-orang itu meski harus mempertaruhkan semuanya, dan dengan plan yang sangat keren!

6. Calling Out Enemies



Saya suka banget scene ini! Entah berapa kali saya replay di bagian ini, abisnya keren banget hahahaha. Scene ini sebenernya masih bagian dari proses fight back dia terhadap orang-orang yang menjatuhkan dia itu. Saya nggak nyangka Go Hye Ran bakal melakukan hal ini, nggak kepikiran karena saat itu sebenernya keadaan dia juga terdesak. 

Dan karena sebelumnya kan Go Hye Ran digambarkan sebagai femme fatale yang anggun dengan dignity yang tinggi, jadi saya nggak nyangka aja dia bakal melakukan hal bold seperti ini. Di scene ini saya kayak diingatkan lagi kalau bagaimanapun juga, Go Hye Ran adalah seorang reporter; yang melakukan berbagai cara untuk mendapatkan beritanya.

They told what's on my mind!

7. Protect Herself



"I'll protect myself. Just as it has always been, I'll take care of myself."

Sebenernya di scene ini perpaduan antara sweet-nya Kang Tae Wook yang bilang kalau hanya dia yang bisa melindungi Go Hye Ran, sekaligus menunjukkan kuatnya Go Hye Ran. Karena terlalu banyak menghadapi up and downs, Go Hye Ran terbiasa melindungi dirinya sendiri. Mungkin itu juga yang membuat dia jadi bold dan terkesan cold, karena ya emang dia hanya punya dirinya untuk melindungi dirinya sendiri. Dan saya sangat suka dengan line ini, sangat suka dengan strong-nya unnie ini. Applause for Go Hye Ran!

8. Standing Alone



"So if you think it's hopeless to be on my side; don't hesitate, and stab me in the back. I'll accept your betrayal."

Go Hye Ran nggak pernah ragu dan terus maju selama dia tahu dia nggak salah, tapi juga nggak minta siapapun buat berada di pihaknya. Apalagi dia tahu kalau yang dia hadapi adalah orang-orang berkuasa yang bisa melakukan apa saja, jadi dia nggak memaksa orang untuk mendukung dia. Meski begitu, kerennya, Go Hye Ran tetap dapat maju menghadapi semuanya meskipun berdiri sendiri. Go Hye Ran tetap aja lantang dan tegas buat melawan orang-orang yang menjatuhkan dia, yakin kalau memang dia yang benar.

Meski sudah bahas 8 scene, tetap aja kayaknya saya masih mau ngomongin Go Hye Ran lebih banyak lagi :D Saya pun jadi ngefans sama Kim Nam Joo, bertanya-tanya selama ini saya kemana aja kok baru tahu ada aktris sebagus ini. Juga bertanya-tanya para produser kemana aja kok nggak melibatkan Kim Nam Joo dalam berbagai project bagus. Semoga aja setelah Misty ini Kim Nam Joo bakal banyak tampil di project-project keren, apalagi memang banyak juga yang kagum sama karakter dia sebagai Go Hye Ran.

Dan apakah saya merekomendasikan untuk menonton Misty? Well, itu saya kembalikan lagi pada pilihan masing-masing :D Saya nggak bisa bilang drama itu recommended, meskipun saya juga cukup menikmati dan sangat kagum dengan Kim Nam Joo disitu. Cuma mungkin nggak semua orang suka drama dengan tema seperti itu, apalagi seperti yang saya bilang; drama ini terlalu banyak kabutnya. Tapi kalaupun Anda akhirnya memutuskan buat nonton drama ini dan ngikutin jalan ceritanya, kemungkinan besar nggak akan menyesal :D 

Pokoknya kalau mau nonton, selamat menonton! Siap-siap dibuat kagum sama Go Hye Ran!

That's Go Hye Ran.
Yep, that's Go Hye Ran!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar