Rabu, 03 Januari 2018

Favorite K-Dramas 2017

My favorite KDrama list in 2017
Selamat tahun baru 2018!

Tahun 2017 yang lalu kita diberkahi (?) dengan sekian banyak drama Korea bagus yang senantiasa menemani dan menghibur sepanjang tahun. Apalagi semakin kesini, semakin banyak drakor yang bagus; baik dari segi cerita maupun kualitas drama secara keseluruhan. Tapi memang nggak semua drakor tahun 2017 saya tonton, meskipun itu drakor yang sangat buzzing atau ratingnya tinggi; karena banyak banget drakor yang tayang dan kembali lagi ke pilihan selera pribadi.

Dari semua drakor yang pernah saya tonton di tahun 2017, saya mau bahas beberapa drakor yang jadi favorit saya. Tulisan ini murni pendapat dan preferensi pribadi saya, yang bukan ahli apapun dan tentunya penilaian ini subjektif dari pandangan saya. Tulisan ini juga akan mengandung beberapa spoilers, but I'll try to keep it minimum dan nggak 'membongkar' esensi dari cerita secara keseluruhan.

Inilah drakor favorit saya di tahun 2017, dengan urutan sesuai waktu tayangnya :)

Romantic Doctor Kim

Romantic Doctor Kim Poster (source)
Airing : 7 November 2016 - 16 Januari 2017, Senin - Selasa 22.00 KST @ SBS
Starring : Han Suk Kyu (Kim Sabu/Suhu), Yoo Yeon Seok (Kang Dong Joo), Seo Hyun Jin (Yoon Seo  Jung)

Sebenarnya drama ini nggak murni drama tahun 2017, karena udah tayang dari akhir tahun 2016 dan tamat di Januari 2017. Tapi saya mau memasukkan drama ini ke dalam list karena drama ini bisa bikin saya yang nggak suka medical drama, tapi jadi suka banget dan nontonin sampai akhir. Biasanya saya nggak sanggup nontonin medical drama karena terlalu banyak istilah sulit dan scenes operasi yang nggak saya paham. Terus saya juga nggak suka medical drama karena sering bahas tentang perebutan kekuasaan dan pilih kasih pasien tergantung statusnya, yang bikin miris dan sedih sama kenyataan dunia kedokteran. Sejauh ini belum ada medical drama yang saya tonton dari awal sampai akhir, apalagi bikin saya suka sama drama itu.

Sepanjang nonton drama ini, saya nggak habis pikir sendiri kok saya bisa-bisanya suka sama medical drama yang selama ini saya hindari. Saya suka semua perpaduan di drama ini; mulai dari alur cerita, cast yang aktingnya superb (terutama Kim Sabu!), latar rumah sakit tua yang hampir roboh, juga cerita cinta yang disisipkan dengan porsi yang nggak lebay. Saya suka rumah sakit Doldam yang dari luar tampak aneh, dan ternyata para dokternya juga staff  lebih aneh lagi karena beda dengan dokter-dokter kebanyakan yang digambarkan di rumah sakit dalam drakor. 

Di drama ini disinggung soal perebutan kekuasaan & status di dunia kedokteran dan rumah sakit, tapi nggak jadi main story; dan bukan terjadi di rumah sakit Doldam itu sendiri. Drama ini lebih banyak membahas ke sisi manusiawinya, dengan case per case pasien yang memberikan nilai-nilai berharga. Membahas lagi ke core dari profesi dokter sebagai penyelamat orang-orang yang sakit, hal yang sering terlupakan karena berbagai hal.

Salah satu aspek kuat yang bikin drama ini bersinar adalah pesona dan aura Kim Sabu. Saya nonton drama ini awalnya karena saya suka Yoo Yeon Seok, tapi anehnya pesona Kim Sabu mengalahkan semuanya hahaha. Yoo Yeon Seok keren di drama ini, tapi tetep aja Han Suk Kyu bikin saya lupa kegantengan dan kekerenan Yoo Yeon Seok itu. Kharisma Kim Sabu sangat kuat sampai saya ikutan respek sama beliau, dan karakter Kim Sabu didalami dengan sangat baik oleh Han Suk Kyu. Jadi saya nggak kaget ketika Han Suk Kyu dapat Grand Award (alias daesang, penghargaan tertinggi) SBS Drama atas perannya itu.

Favorite thing : Kim Sabu, Kang Dong Joo & Yoon Seo Jung's chemistry
Favorite scenes : setiap Kim Sabu 'beraksi' :D
And this; just so cool!

Tomorrow With You

Tomorrow With You Poster (source)
Airing : 3 Februari - 25 Maret 2017, Jumat - Sabtu  22.00 KST @ tvN
Starring : Lee Je Hoon (Yoo So Joon) dan Shin Min Ah (Song Ma Rin)

Drama ini jadi pemegang rekor drakor yang saya buat review-nya di awal dan di akhir setelah tamat. Drama ini banyak memberikan hal-hal diluar ekspektasi saya, mungkin karena di awal saya nggak banyak berekspektasi tentang drama ini. Dari segi pengembangan cerita secara keseluruhan, drama ini kayak pelan-pelan menanjak, perlahan tapi pasti; bikin saya makin attached sama drama ini. Drama ini nggak banyak basa-basi dan sengaja menunda-nunda dalam memberikan apa yang harus diberikan, nggak sok-sokan melakukan save the best for the last yang akhirnya malah bikin penonton bosen duluan.

Dan, faktor terbesar saya attached sama drama ini adalah karakter Yoo So Joon yang diperankan sangat apik oleh Lee Je Hoon! Perpaduan karakternya yang terkesan cuek dan easy going, tapi sebenarnya cukup clumsy dan clueless (dan cute!); bikin saya bener-bener jatuh cinta sama Yoo So Joon dan Lee Je Hoon sekaligus hahaha. Saya pernah nonton Lee Je Hoon di Architecture 101, tapi saya nggak begitu suka film itu jadinya nggak begitu berkesan juga tokohnya disitu hehe. Tapi justru di Tomorrow With You ini saya jadi suka banget sama Lee Je Hoon, terus bikin saya mulai nontonin project-nya yang lain seperti Signal, My Paparotti (ini  mainnya bareng Kim Sabu, Han Suk Kyu!), Anarchis From Colony/ Park Yeol, dan lain-lain.

Selain tokoh Yoo So Joon, saya juga suka female lead-nya yang nggak pasif karena memberikan kontribusi besar bagi cerita secara keseluruhan. Juga teman-teman terdekat mereka yang selalu siap menampung keluh kesah jam berapapun (Song Marin pernah kabur dari rumah malam-malam karena berantem sama Yoo So Joon wkwk), juga siap membereskan kekacauan yang mereka lakukan (seperti yang sering dilakukan Ki Doong, sahabat Yoo So Joon). Saya bahkan suka tokoh villain di drama ini, karena aktingnya yang bagus dan natural dalam menggambarkan ke-psycho-an dirinya. Untuk lebih lengkapnya tentang review drama ini, silakan diklik di link yang saya cantumkan di bagian sebelumnya :)

Favorite things : all about Yoo So Joon, Song Ma Rin's antics, the leads' chemistry
Favorite scenes : setiap Yoo So Joon dan Song Ma Rin dalam satu frame :D
When Yoo So Joon thinks he's being understanding, but in fact he's just clueless :D

Man to Man

Man to Man Poster (source)
Airing : 21 April - 10 Juni 2017, Jumat - Sabtu 23.00 KST @ JTBC
Starring : Park Hae Jin (Agent K/ Kim Seol Woo), Park Sung Woong (Yeo Un Gwang), Kim Min Jung (Cha Do Ha)

Dari awal nonton, alasan terbesar yang menjadikan drama ini salah satu favorit saya adalah Park Hae Jin. Park Hae Jin sudah mencuri perhatian sejak menit pertama drama ini tayang, dan saya cukup suka adegan pembuka drama ini dimana saya bisa lihat Park Hae Jin keren banget pakai seragam tentara hahaha. Dari drama ini juga saya yang tadinya suka aja jadi suka banget banget banget sama Park Hae Jin, sekaligus mengakui kalau dia adalah acting genius. Saya suka detil yang dia tampilkan dalam memerankan karakter, yang setelah saya lihat-lihat lagi ternyata emang setiap project dia selalu detil. Meski dibanding project-nya yang lain, saya paling suka sama Park Hae Jin di Man to Man; dan dia sangat sangat bersinar di drama ini.

Dari drama secara keseluruhan, saya suka drama ini nggak terlalu berat sebagai drama yang ber-genre action; tapi juga nggak terlalu ringan dalam aspek romance dan comedy-nya. Drama semacam ini sangat cocok buat saya karena saya nggak suka drama yang terlalu enteng dan cenderung nggak berbobot, tapi juga nggak sanggup nonton yang ceritanya terlalu berat dan rumit hahaha. Sepanjang nonton drama ini, saya ngerasa bahagia dengan kisah romantis Kim Seol Woo dan Cha Do Ha, deg-degan dengan adegan action dan alur yang cukup thrilling, sekaligus terhibur dengan unsur komedi yang disuguhkan.

Satu lagi yang bikin saya mengacungkan jempol atas drama ini adalah, drama ini mencakup hampir semua aspek dan genre tapi nggak kelabakan dalam menyampaikan cerita. Drama ini punya romance, action, thriller, comedy, family, bahkan mencakup politik juga. Tapi sampai akhir, drama ini nggak keluar jalur dan tetap pada tone and track yang dimiliki sejak awal. Hal ini bikin saya sangat berterima kasih kepada semua cast dan staff drama, karena nggak banyak drakor yang memberikan ending memuaskan bagi saya.

Favorite thing : Park Hae Jin, of course <3
Favorite scenes : semua screen time Park Hae Jin :D
Well, if I must choose one :)

Lookout

Lookout Poster (source)
Airing : 22 Mei - 11 Juli 2017, Senin - Selasa 22.00 KST @ MBC
Starring : Lee Si Young (Jo Soo Ji), Kim Young Kwang (Jang Do Han), Kim Tae Hoon (Kim Eun Jung), Kim Seul Gi (Seo Bo Mi), Key (Gong Kyung Soo)

Saya suka drama ini sejak opening scene-nya yang menegangkan tapi seru, dimana Jo Soo Ji dengan motor gedenya lagi ngejar penjahat. Menurut saya itu keren banget, dan scene yang bagus sebagai opening karena bikin orang tertarik dari menit pertama drama ini tayang. Saya sebenernya nggak begitu suka sama drama yang hampir full action and crime, tapi premis awal drama ini kok menjanjikan dan beda dari drama action crime kebanyakan. Di Lookout ini, para tokohnya bukan polisi, jaksa, hakim, atau profesi lain yang biasa dijadikan 'pahlawan melawan kejahatan'. Mereka justru gabungan dari orang-orang yang punya luka karena jadi korban para orang jahat, mulai dari tahanan kabur, jaksa yang memihak pada atasan berkuasa, sampai hacker;dan menangkap penjahat dengan cara mereka sendiri.

Dan justru karena mereka melakukan dengan cara mereka sendiri, mereka nggak selalu selangkah di belakang para penjahatnya. Mereka dan para penjahat ini saling bergantian mengalahkan satu sama lain, nggak selalu mereka yang berada di posisi kalah. Saya suka nggak tahan nonton drama action crime karena para pahlawannya selalu selangkah di belakang para penjahat yang pada punya kekuasaan itu; jadi berasa orang baik itu sangat powerless dan nggak bisa apa-apa. Makanya saya seneng di Lookout ini, mereka bisa membuat para penjahat itu juga terdesak keadaannya sampai kelimpungan sendiri. Di drama ini juga pertama kalinya sepanjang nonton drakor; saya berharap semoga nggak akan ada kisah cintanya, atau kalaupun ada semoga nggak kebanyakan porsinya yang bikin esensi dari drama itu sendiri jadi berkurang.

Hal lain yang saya suka dari drama ini adalah adanya female lead yang strong dan berkharisma, bukan cuma sebagai pemanis cerita aja. Tokoh Jo Soo Ji ini kayak mendobrak stigma female lead yang selama ini ada di drakor, dimana dia justru satu-satunya tokoh yang melakukan banyak adegan action; dan adegan-adegan itu sangat keren! Saya pernah nonton drakor, tahun 2017 juga, yang female lead-nya ada adegan action tapi kelihatan nggak natural dan malah kaku. Sedangkan Lee Si Young ini action scenes-nya keren keren banget, mungkin karena dia pernah jadi atlit juga ya.

Dan, sebenernya saya agak kecewa sama ending drama ini. Kasus ending semacam itu mungkin banyak saya temukan di Kdrama, tapi nggak dari Lookout; saya sempet yakin begitu. Lookout terlalu bagus sehingga sayang banget ending-nya begitu, jadi seolah dia udah keep in track dari awal tapi di dua episode terakhir jadi melambat ritmenya terus ending-nya agak mengecewakan. Meski begitu, ending itu nggak sampai membuat saya jadi nggak suka drama ini secara keseluruhan; karena ending-nya nggak terlalu bikin saya sampai lupa apa aja yang pernah diberikan drama ini sepanjang episode sebelumnya. Hal-hal yang diberikan drama ini cukup dan berkesan, bikin saya bisa 'memaafkan' ending itu.

Favorite things : Jo Soo Ji; Seo Bo Mi & Gong Kyung Soo's operation, chemistry and bickering :D
Favorite scenes : Jo Soo Ji's action scenes
One of  Jo So Ji's cool action scenes

Age of Youth 2

Age of Youth 2 Poster (source)
Airing : 25 Agustus - 7 Oktober 2017, Jumat - Sabtu 23.00 KST @ JTBC
Starring : Han Ye Ri (Yoon Jin Myung), Park Eun Bin (Song Ji Won), Han Seung Yeon (Jung Ye Eun), Ji Woo (Yoo Eun Jae), Choi Ara (Jo Eun)

Inilah drama terfavorit saya sepanjang 2017! Sepanjang nontonin drama ini, saya bawel banget ngoceh-ngoceh tentang drama ini di instagram sama tumblr saking sukanya hahaha. Drama ini menurut saya bener-bener against all odds dari banyak aspek, terutama dalam bagaimana drama ini mematahkan eskpektasi awal saya. Yang Age of Youth 1 sebenernya saya nggak begitu suka, tapi saya akuin itu drama yang bagus jadi saya pun cukup tertarik dengan season duanya. Terus masih ada beberapa hal yang menurut saya belum diselesaikan dengan baik di season pertama, jadi saya penasaran sama kelanjutannya. Tapi karena biasanya sekuel, season dua, dan semacamnya itu nggak sebagus pendahulunya; ditambah lagi ada penambahan karakter, saya nggak begitu yakin drama ini akan baik-baik aja.

Ternyata justru dua hal itu yang bikin saya suka; season dua dan karakter baru yaitu Jo Eun yang baru dimasukkan dari season dua ini. Saya justru jauuuuuh lebih suka season dua ini dibanding pendahulunya, juga karakter Jo Eun yang bisa mencuri perhatian dengan sikapnya yang cuek dan rude di awal, tapi ternyata mikirin orang-orang sekelilingnya dan jauh lebih cute dari yang terlihat. Untuk tokoh Yoo Eun Jae yang digantikan pemerannya oleh Ji Woo juga nggak terlalu mengganggu buat saya, jadi saya baik-baik aja nontonin dia bahkan cukup bersimpati dengan apa yang dialaminya di season dua ini.

Drama ini juga tetap mempertahankan apa yang menjadi daya tariknya, yaitu pengambaran kehidupan sehari-hari masa muda yang realistis dan nggak neko-neko. Hal ini yang bikin kisah cinta dalam drama ini nggak norak, karena nggak digambarkan dengan lebay dan melankolis. Meskipun ada beberapa kejadian yang cukup ekstrim, cenderung mengarah ke tindak kriminalitas yang nggak selalu ditemukan dalam kehidupan sehari-hari; tapi porsinya nggak berlebihan. Dan kalau dipikir-pikir, kejadian itu emang beneran terjadi dalam kehidupan nyata meski mungkin nggak semua orang mengalaminya.

Dan saya berharap alangkah menyenangkannya kalau setiap tahun kita bisa nonton season selanjutnya dari series Age of Youth ini :D Setelah nonton yang season duanya, saya jadi percaya kalau tim produksi Age of Youth akan bisa memberikan drama berkualitas berapa season pun. Dan saya juga kayaknya nggak akan bosen nontonin season-season selanjutnya, apalagi dengan para tokoh yang sama :)

Favorite things : Jo Eun, Song Ji Won's antics and wardrobe, Song Ji Won & Im Sung Min's chemistry, Yoon Sunbae's job (it's dream job btw LOL)
Favorite scenes : saat Yoon Sunbae mengurus roommates lain yang lagi punya masalah, Jo Eun saat  'memperjelas' urusan dia dengan Seo Jang Hoon, dan Jo Eun yang 'ngambek' karena nggak dirayakan pestanya
Kyeowo :D

Avengers Social Club

Avengers Social Club Poster (source)
Airing : 11 Oktober - 16 November 2017, Rabu - Kamis 21.30 KST @ tvN
Starring : Lee Yo Won (Kim Jung Hye), Ra Mi Ran (Hong Do Hee), Myung Se Bin (Lee Mi Sook), Lee Soo Gyum (Jun UKISS)

Seperti drama-drama sebelumnya, drama ini berhasil mematahkan ekspektasi saya dan saya udah suka sama drama ini sejak episode awal. Sebelumnya saya kira drama ini bakal bercerita tentang pembalasan dendam yang serius dan berat, kalau baca dari sinopsis awal dan posternya. Tapi ternyata drama ini jauh lebih ringan dari ekspektasi saya itu, menyenangkan dan menghibur sepanjang drama. Drama ini cukup realistis karena gimanapun juga para pelaku balas dendam ini adalah para ajumma, aka. emak-emak, yang sebenernya nggak tahu dan nggak yakin juga sama apa yang mereka lakukan hahaha.

Tapi seiring berjalannya cerita, drama ini menunjukkan apa yang bisa dilakukan oleh para ajumma yang terus-terusan disakiti, dijahatin, dan dizolimi sama mereka yang suka semena-mena. Drama ini menunjukkan the power of emak-emak yang udah terlalu diusik dan dibuat susah hidupnya, makanya jangan macem-macem sama emak-emak hahaha. Sayang drama ini cuma 12 episode, padahal saya nggak akan keberatan kalau drama ini dibuat 20 episode sekalipun dan rasanya nggak akan membosankan. Rasanya saya mau nonton drama ini lebih lama lagi dan menyaksikan pembalasan dendam yang agak clumsy oleh para ajumma ini hihi.

Salah satu hal yang saya suka dari drama ini adalah wardrobe dari para tokohnya, yang menegaskan karakter mereka masing-masing meskipun sebenernya di dunia nyata nggak banyak juga yang ber-fashion kayak gitu haha. Dari Kim Jung Hye yang fashionable dan berkelas, Ra Mi Ran yang khas ajumma kalangan menengah bawah, Lee Mi Sook yang elegan; sampai tokoh lain kayak selingkuhan suaminya Kim Jung Hye yang selalu pakai wig (dan bikin saya rasanya pengen jambak wig itu setiap dia muncul haha) dan ibu dari anak yang suka nge-bully Choi Hee Soo, anak Ra Mi Ran, dengan fashion khas OKB (re : Orang Kaya Baru) :D Mungkin karena drama ini diangkat dari webtoon, jadi wardrobe yang digunakan juga unik-unik sesuai dengan karakter yang ada di drama.

Favorite things : Kim Jung Hye and her cluelessness, Baek Seo Yeon (anak dari Lee Mi Sook), dan Baek Seo Yeon & Lee Soo Gyum's chemistry, Choi Hee Soo's kindness
Favorite scenes : Setiap Kim Jung Hye menunjukkan kepolosannya yang nggak tahu apa-apa soal dunia, ketika suami Kim Jung Hye berlutut minta maaf, Lee Mi Sook akhirnya berani nampar suaminya, dan Baek Seo Yeon & Lee Soo Gyum di halte bis
I keep replaying this scene; like, 100 times :D

Itulah beberapa drakor yang jadi favorit saya di tahun 2017. Kriteria para drakor itu hampir sama, mereka berhasil mematahkan ekspektasi awal saya dan memberikan hal-hal yang nggak saya sangka sebelumnya. Biasanya kalau saya udah jatuh cinta sama sebuah drakor dari episode minggu pertama tayangnya, saya akan suka drama itu sampai akhir. Meski nggak semua drama kayak gitu, karena masih banyak juga drakor yang akhirnya melenceng dari apa yang ia berikan di awal atau memberikan ending yang mengecewakan.

Di tahun 2018 juga udah ada beberapa drama yang menarik perhatian saya, dan kayaknya masih banyak drama lain yang bagus selanjutnya. Cuma tahun 2017 banyak banget para aktor favorit saya yang masuk wamil, jadi 'stok' oppa di drakor-land semakin menipis haha. Tapi semoga aja itu nggak menghambat munculnya drakor-drakor bagus, dari segi cerita maupun kualitas drama secara keseluruhan, untuk diberikan pada kita :)

Semoga berjaya selalu, dunia Kdrama! :D
Bonus: New Year greeting from cool ajussi-deul :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar