Jumat, 21 Juli 2017

A First Look at "School 2017"

Poster Drama School 2017
Ketika denger berita kalau drama School akan diproduksi dan ditayangin lagi oleh KBS, saya sangat seneng dan cukup menanti drama ini tayang. Saya memang agak kecewa ketika School 2015 diproduksi oleh salah satu agensi besar di Korea Selatan dan hasilnya nggak sesuai dengan ekspektasi. Nggak kayak School series yang seharusnya meng-cover kisah tentang beragam dan berbagai sisi dunia sekolah di Korsel, School 2015 terlalu fokus sama kisah individu dan kisah cinta segitiganya menurut saya. Jadi ketika dikabarkan kalau School 2017 kembali dipegang KBS, saya berharap seri ini bakal kembali mengusung kayak pendahulunya.

Btw saya kayak udah nontonin semua School series aja ya *hahaha*, padahal baru nonton yang seri School 2013 doang karena yang dulu-dulu susah dicari videonya. Dan btw lagi, review itu saya bikin di tahun 2013 jadi harap maklum kalau masih berantakan tulisannya :D

Oke, kembali lagi ke topik awal School 2017. Setelah nonton dua episode pertama drama ini, sebenernya saya ngerasa nggak banyak yang bisa saya ulas untuk jadi review. Tapi karena drama ini cukup saya tunggu dan bagian dari drama series yang cukup fenomenal di Korea Selatan, saya tetap akan nulis review nya hihi. Drama ini tayang di KBS setiap Senin dan Selasa pukul 22.00 KST.

Ada dua point yang menjadi garis besar dalam review saya kali ini. Dan seperti review yang sudah-sudah, tulisan ini bukan berarti saya seorang ahli atau apa; cuma kebetulan seneng banget nonton drakor hehe.

And this review may contain some spoilers ~


The Cast


Pas ada artikel yang memberitakan kalau Kim Yoo Jung nolak buat main di drama ini, saya nggak ngerasa kecewa atau sayang banget dia nggak ambil peran itu. Tapi jujur pas ada artikel yang beritain kalau Kim Se Jeong yang akhirnya ngambil peran utamanya, saya agak khawatir. Ya, saya emang punya pre-judge tentang idol yang belum banyak main drama (saya baca di wiki dia cuma satu drama dan itu pun sebagai special appearance) tapi langsung jadi main cast. Saya punya ekspektasi yang cukup tinggi atas drama ini karena akhirnya diusung lagi berdasarkan origin-nya, dan berharap main lead-nya nggak mengacaukan drama.

Kim Se Jeong as Ra Eun Ho
Dan sejauh ini menurut saya, Kim Se Jeong is alright. Nggak waw banget sampai saya terkagum-kagum, tapi juga nggak mengecewakan. Ada beberapa scene Kim Se Jeong yang bikin saya ngebatin, "Ih kok..."; tapi saya akhirnya maklum karena dia emang belum banyak main drama. Saya juga cukup terkesan di salah satu adegan, kalau ga salah di episode 2, yang dia nangis kejer dan bikin atmosfirnya berasa sedih banget.

Potemtial Love Triangle?
Gambar diatas adalah salah satu poster dari drama ini, dan saya menyimpulkan kalau ketiga orang inilah yang jadi main lead-nya. Meski kemungkinan besar cakupan ceritanya lebih luas ke banyak tokoh kalau dilihat dari poster pertama yang ada di awal review ini. Tapi pasti ketiga orang ini, Ra Eun Ho (Kim Se Jeong), Hyun Tae Woon (Kim Jung Hyun) dan Song Dae Hwi (Jang Dong Yoon); tetap megang peranan penting dalam drama. Dan pretty please, meskipun ada kisah cinta segitiga dalam drama ini, tapi semoga nggak overshadow kisah lainnya. Semoga sutradara dan penulis naskahnya belajar dari pengalaman series sebelumnya *eh :D

He got the aura and of course, the look :D
Saya belum pernah nonton drama dua cowok itu, tapi cukup familiar sama pemeran Hyun Tae Woon dan ternyata dia main di Jealousy Incarnate. Tokoh Tae Woon ini juga cukup menarik perhatian saya dari awal karena perannya sebagai jenis cowok tsundere, seolah dingin tapi aslinya baik, yang sebenernya udah banyak banget ditemuin di drakor. Tapi kita harus mengakui kalau cowok-cowok begitu nggak pernah gagal menarik perhatian, kan? Hahaha.

Tokoh Song Dae Hwi sendiri digambarkan sebagai murid teladan dan ketua OSIS yang baik hati juga sering nolongin temen-temennya. Tapi ada beberapa adegan yang menunjukkan kalau Song Dae Hwi ini menyimpan sesuatu yang bertolak belakang dengan image nya selama ini, dan saya sangat menunggu hal itu dimunculkan.

The charisma
Dan saya malah lebih familiar sama cast lain dalam drama ini karena banyak wajah-wajah yang udah cukup sering main drama. Ada satu cast yang saya ngerasa amat familiar, tokoh Hwang Young Gun (Ha Seung Ri), dan pas nyari tahu pernah main dimana aja ternyata selama ini suka peran dia. Saya suka dia di Twenty Again saat memerankan jadi Ha No Ra dan di Producer jadi Tak Ye Jin saat remaja. Dan di drama ini pun, perannya cukup terlihat dan menarik perhatian karena dia sebagai murid yang rebel. Meski ada beberapa scenes yang dia-nya jahat gitu, tapi sepertinya ada kisah menarik dibalik semua tindakannya itu.

The Story


Really sorry to say, secara garis besar drama ini nggak begitu jauh beda dengan drama-drama tentang sekolah dan remaja lainnya (mianhae, scriptwriter-nim!). Well, kecuali satu hal dan itu adalah unsur misteri yang ada dalam cerita ini. 

The (so-called) Hero
Kisah misterinya menarik karena ada seseorang, atau mungkin sekelompok orang, yang bertindak menjadi "pahlawan" untuk menyelamatkan para siswa dari tekanan sekolah. Itu yang terlihat dari luar sih, nggak tahu apakah ada motif atau tujuan tersembunyi dibalik tindakan-tindakan yang selama ini dilakukan.

One of the Hero's doing : set off the sprinklers to cancel a test
Tindakan-tindakan yang selama ini dilakukan sama "pahlawan" itu merupakan hal yang dianggap oleh sekolah dan para guru sebagai kenakalan, karena bikin ujian dibatalkan, merusak foto kepala sekolah dan patung pemilik sekolah, dan semacamnya. Tapi tetap aja itu dianggap aksi heroik sama para siswa yang selama ini tertekan sama sistem sekolah dan perlakuan para guru serta kepala sekolahnya.

Selain itu, hal yang digambarkan di drama ini nggak begitu berbeda dengan drakor remaja pada umumnya. Persaingan ketat dalam memperebutkan nilai dan peringkat, bullying, backing dari mereka yang punya kekuasaan dan uang, dan semacamnya. Tapi meski begitu, hal-hal itu tetap menarik untuk disajikan karena segala sesuatu nggak akan pernah benar-benar sama, kan? Hehehe.

Seems fishy and kinda spooky
Selain aksi "pahlawan" misterius, ada juga sekelompok siswa misterius yang saling ngirim pesan nggak jauh setelah aksi pahlawan terjadi. Nggak tahu juga apakah sebenarnya mereka ini sosok pahlawan itu, atau mereka justru penentang dari pahlawan, atau kelompok lain yang nggak terduga tujuannya. Tapi ngelihat mereka saling ngirim pesan di grup chat (kemungkinan), saya jadi teringat Jungle Fish. Saya lupa di Jungle Fish 1 atau 2, ada sekelompok siswa yang tergabung di kelompok belajar rahasia gitu. Nggak tahu kenapa vibe nya ketika nonton adegan itu bikin keinget dan berasa kayak Jungle Fish jadinya.

And?


Setelah nonton dua episode pertama School 2017, mungkin saya harus menurunkan ekspektasi saya terhadap drama ini. Bukan karena drama ini yang tampak kurang bagus atau apa, tapi karena tontonan saya akhir-akhir ini cukup 'berat' dan sangat keren (menurut saya tentu aja haha) yang bikin ekspektasi saya terhadap drakor jadi sangat meningkat. Saya mungkin masih terbayangi dari mengagumkannya drama-drama yang saya ikuti belakangan seperti Tomorrow With YouMan to Man, dan tentu saja Lookout; yang bikin saya secara nggak sadar men-set standar tertentu. Dan jadi banyak maunya saat nonton drama hehehe.

Meski saya bilang akan menurunkan ekspektasi saya terhadap drama ini, tapi saya harap seenggaknya drama dari rangkaian School series ini nggak keluar "jalur" seiring berjalannya waktu nanti. Maksud saya, karena ini judulnya School ya ceritakanlah tentang sekolah secara keseluruhan, cerita remaja secara keseluruhan. Nggak kemudian terlalu fokus sama kisah cinta satu atau beberapa pasangan, atau kisah lain yang sebenernya nggak terlalu urgent untuk dibahas.

Dan tentu aja saya tetap akan mengikuti drama ini karena sejauh ini nggak (atau belum?) ada alasan untuk drop School 2017 ini. Selain saya penasaran sama misteri yang ada dalam drama ini, saya juga lumayan terhibur dengan bertebarannya dedek-dedek ganteng dan gemesh yang ada disini hahaha. Eh tapi pas saya cari tahu infonya, sebenernya mereka nggak muda-muda banget kok malah ada yang lebih tua dari saya (cari pembelaan) *LOL.

Selain itu, yang bikin saya cukup menikmati School 2017 adalah gambar-gambar cerah yang bikin penonton merasakan aura youth dari drama ini. Selain itu, lagi-lagi, sound yang ditata dan diletakkan dengan pas dalam drama yang bikin drama tampak lebih hidup dan sensasinya lebih berasa. Kayaknya hampir setiap review saya bahas soal sound dalam drama hahaha semua berkat Park Do Young (Another Oh Hae Young fellow fans, remember him? :D)

Anyway, let's just watch and enjoy this drama!
And him, of course :p

Tidak ada komentar:

Posting Komentar