Jumat, 26 Mei 2017

A First Look at "Lookout"

The cut from opening part of drama
Sebelumnya, saya mau buat pengakuan kalau sebenarnya ini adalah drama yang accidentally saya tonton dan akhirnya dibuat review-nya. Nggak kayak drama-drama sebelumnya yang emang niat saya tonton dengan lihat berbagai info sebelum tayang, drama ini saya download justru setelah saya nonton drama lain yang tayang di hari yang sama dan sebenernya lumayan saya tunggu. Tapi saya agak zonk nonton drama itu, dan akhirnya kepikiran buat download drama Lookout ini setelah nonton trailer-nya.

Sebenernya saya lagi nggak begitu mood nonton drama jenis begini, karena tone-nya berat dan hidup saya juga udah berat hahaha. Dari segi cast juga meskipun saya udah tahu semua pemeran utamanya dan pernah nontonin drama mereka, tapi saya nggak sesuka itu sama mereka buat bela-belain nunggu drama ini. Tapi nggak tahu kenapa kok lihat poster dan trailer-nya kayak terdorong aja buat nonton. Saya pun download dan nonton dengan berbekal pikiran: kayaknya drama ini seru, deh.

Sinopsis singkatnya adalah ada sekumpulan orang yang kehilangan orang-orang yang mereka cintai dan kemudian membentuk kelompok yang melawan kejahatan dengan cara mereka. Selanjutnya akan saya ulas lebih mendalam di review tentang empat episode awal drama terbaru MBC "Lookout" ini. Oh iya, saya bukannya baru nonton telat setelah drama ini tayang dua minggu ya; tapi emang drama ini adalah salah satu drama yang tayang dua episode per-hari (kayak ada beberapa drama dari stasiun TV lain). Drama ini punya nama lain The Guardians, kalau mungkin mau cari nama Lookout agak susah; dan tayang di MBC setiap Senin-Selasa jam 22:00 KST.

Di review ini saya akan menulis beberapa poin yang saya suka dan menurut saya akan jadi hal menarik dari drama ini. Dan review ini cuma pendapat dan pandangan pribadi saya yang bukan ahli apapun, cuma kebetulan suka banget nontonin drakor :D

And this review will contain some spoilers~


The Opening


Saya suka banget opening dari drama ini! 

Our hero on motorbike
Drama ini dibuka dengan adegan action ngejar penjahat yang (kemungkinan) adalah seorang suami yang lagi menganiaya istrinya sambil ngebut di jalan. Ini agak mengingatkan saya sama adegan pembuka drama You're All Surrounded sih, tapi nggak masalah buat saya. Karena adegan semacam ini bikin penonton langsung fokus dari menit pertama drama tayang, and it's a good sign. Ditambah lagi dengan BGM lagu jenis hip-hop yang bikin adegannya terlihat semakin seru.

Kelompok (yang saya belum tahu apa ada namanya atau enggak, di empat episode itu belum dibahas) itu terdiri dari tiga orang in action; satu orang ngejar dengan sepeda motor, satu lagi monitor lewat CCTV, dan satu lagi hacking sistem mobil orang yang dikejar. Saya bilang in action karena pada saat kejadian pengejaran itu emang cuma ada tiga orang yang ditampilkan. Dan emang cukup ekstrim karena sampai bikin lalu lintas kacau dan terjadi kecelakaan, tapi nggak tahu kenapa kok keren aja scene itu hehe.

The Storyline


Di sinopsis drama ini yang saya baca di internet, masing-masing tokoh punya ceritanya sendiri mengenai kehilangan orang yang dicintai dan itu belum terlihat di empat episode awal. Awal drama ini berfokus ke kisah Jo Soo Ji (Lee Si Young; Wild Romance) yang merupakan seorang polisi detektif dan kronologis meninggalnya anak perempuan dari Jo Soo Ji. 

Sebenernya empat episode awal ini bukan murni bahas Jo Soo Ji dan anaknya itu, tapi berkaitan satu sama lain dengan tokoh-tokoh lain di drama ini. Saya nggak akan ceritain gimana kaitannya, pokoknya ada permainan politik dan kekuasaan dibalik kasus anaknya Jo Soo Ji itu. Intinya, Jo Soo Ji yang statusnya sebagai polisi pun nggak punya kekuatan buat menangkap penjahat kasus itu, dan akhirnya inilah cikal bakal dia tergabung ke kelompok The Guardians (begitu aja ya sebutnya, saya belum tahu sih apa namanya).

Untuk storyline dan plot dari empat episode awal drama ini emang belum begitu jelas terlihat, tapi nggak ngebingungin juga. Emang masih banyak (banget) pertanyaan yang muncul saat nonton awal drama, tapi penataan cerita cukup apik jadi saya rasa penonton pun mudah ngikutin jalan ceritanya. Ada juga sedikit selipan-selipan scene ringan dan lucu yang lumayan lah buat ice breaking, meski nggak se-ringan dan sebanyak di drama Man to Man sih porsinya.

Dan sebenernya kalau dipikir-pikir, drama dengan latar cerita kasus kejahatan yang ber-backing penguasa dan politik itu bukan hal baru lagi ya. Memang udah ada beberapa drama yang mengangkat latar cerita sama, tapi yang bikin drama ini menarik adalah kelompok The Guardians itu yang muncul buat nangkepin penjahat. Dan kemungkinan cara-cara yang mereka lakukan pun "unik", dengan kata lain kemungkinan besar nggak ngikutin hukum yang kadang bikin nggak berdaya dan saya suka kesel sendiri nontonnya. Jadi kemungkinan saya bakal seneng lihat gimana sepak terjang dan cara kerja kelompok itu; dan (sekali lagi) kayaknya seru hahaha.

The Casts and Roles

Cool!
Saya pernah beberapa kali nonton dramanya Lee Si Young, tapi baru kali ini saya seneng sama peran dia. Saya juga seneng drama ini mengangkat tokoh wanita sebagai tokoh utama yang bukan cuma sebagai pemanis cerita, tapi sebagai sentral dari cerita. Jarang-jarang kan ada drama yang tokoh wanitanya justru yang melakukan banyak adegan action, naik motor gede, lompat sana lompat sini, berantem sama penjahat. Dan saya baru sadar akhir-akhir ini sih, kalau saya emang seneng sama tokoh wanita yang punya kharisma, strong unnie, cool & chic woman hahaha. Jadi pas nonton tokoh Jo Soo Ji yang begini, habislah saya kagum-kagum dibuatnya.

His acting won't disappoint!
Tokoh selanjutnya yang cukup sering muncul dan banyak berkaitan sama Jo Soo Ji adalah Jang Do Han (Kim Young Kwang; D-Day, Pinocchio). Gambaran singkatnya, Jang Do Han ini seorang jaksa yang giat mencari dukungan buat menaikkan jabatan dan status. Tapi saya nggak akan ngebahas lebih lanjut tokoh dia disini, karena ada sedikit twist dari tokoh Jang Do Han yang menurut saya sayang kalau nggak ditonton sendiri hehe.

Is he real.. or not?
Ada satu lagi jaksa di drama ini, tapi dia berbanding terbalik sama Jang Do Han. Kim Eun Jung (Kim Tae Hoon; Fantastic, Angry Mom) ini adalah jaksa yang melakukan segala sesuatu sesuai aturan. Jaksa ini juga banyak membantu Jo Soo Ji dan kelihatan dia kayak suka gitu ama Soo Ji. Tapi saya kan suudzonan orangnya wkwk jadi sempet kepikiran kalau dia menyimpan sesuatu dibalik semua itu, apalagi drama model begini kan suka ada twist macem-macem. Ditambah lagi, selama ini saya sering nonton aktor ini tuh main jadi orang jahat terus, jadi kayak masih kebawa-bawa aja dan curiga kalau dia ada kenapa-napa nantinya. Cuma kalau lihat dari poster dan susunan tokoh di internet sih, kemungkinan juga dia orang baik. Let's wait and see!

Selanjutnya adalah duo maut (?) Seo Bo Mi (Kim Seul Gi; Oh My Ghostess) dan Go Kyung Soo (Key Shinee; Drinking Solo). Saya nulis duo maut karena awal digambarin kelompok The Guardians itu bekerja ya oleh perpaduan dua orang ini, dan mereka klop banget. Seo Bo Mi yang memonitori CCTV dan ngasih pengarahan ke Go Kyung Soo yang bertugas hacking dan melakukan tugas kotor lainnya, kalau bahasa dia sendiri hahaha. Saya agak inget perpaduan Ji Chang Wook pas dia jadi Healer bareng Ajumma nyentrik itu, agak mirip sih cuma versi lebih muda dan "seger" :D

LOL (1)
LOL (2)
Seo Bo Mi ini diceritakan sebagai orang yang anti-sosial dan nggak bisa keluar rumah, tapi pintar ngomongnya dan nyuruh si hacker. Sedangkan Go Kyung Soo meskipun sering protes tapi diikutin juga perintah dari Bo Mi, karena dia emang cukup ceroboh hihi. Mereka berdua ini yang jadi penghibur dan menurunkan tensi drama yang cukup serius. Saya sih berharap mereka bakal lebih sering muncul di episode-episode selanjutnya :)

Dan tokoh yang pengen saya bahas terakhir adalah ketua dari kelompok The Guardians ini. Orang ini jarang muncul, cuma beberapa detik aja setiap episode nya tapi punya efek besar karena dia yang ngasih perintah ke anggota kelompok. Lihat orang ini bikin saya penasaran gimana sebenernya asal muasal dibentuknya kelompok ini, dan siapa sebenernya dia.

The (handsome!) leader <3
Dan, sesuai caption yang saya tulis, ketua ini ganteng hahahha. Malah sejauh empat episode ini, si ketua inilah tokoh paling ganteng diantara yang lain; yang sayang munculnya baru sedikit-sedikit banget. Saya lihat aktor ini pertama kali sebenernya di King of Mask Singer dan dia emang bilang mau main di drama baru MBC, cuma saya nggak nyangka aja kalau ini drama yang dimaksud. Saya jadi ngerasa beruntung udah ketemu dia duluan (?) hahahaha. Dan karena imajinasi saya suka kemana-mana, saya sempet mikir kalau dia adalah mantan suami dari Jo Soo Ji wkwkwk. Nggak tahu juga sih, tapi kali aja kan yaa namanya drama genre begini kan suka ada rahasia-rahasia tersembunyi.

Tapi sejujurnya, entah kenapa saya berharap kalau nggak ada kisah cinta antara tokoh-tokoh utama di drama ini. Atau seenggaknya kalaupun ada, sedikit aja porsinya. Sebenernya saya kaget sendiri sih kok bisa berharap begini, dimana saya anaknya drama abis, really into romance, dan sangat-sangat suka rom-com. Tapi seperti yang saya bilang, nggak tahu kenapa pas nonton dua episode awal drama ini kayaknya sayang aja kalau ada kisah cintanya di drama ini hahaha.

Saya pernah sih baca harapan semacam itu pas lagi baca review drama Man to Man, yang mana sampai saat itu saya nggak ngerti kenapa ada orang yang berharap nggak ada kisah cinta di drama Korea. Maksud saya, halooo ini drakor lho yang cerita-cerita romance-nya tuh bagus dan bikin melting abis hahaha. Meski sampai sekarang saya masih nggak setuju akan komentar di Man to Man itu sih, tapi saya merasakannya di drama ini hihi. Tapi yaaa gimanapun jadinya nanti, semoga aja tetep bagus dikemasnya dan nggak bikin ceritanya jadi aneh atau mengecewakan.

Dari semua tokoh yang saya tulis diatas, yang udah pasti sebagai anggota kelompok The Guardians yang pasti si ketua, duo maut Seo Bo Mi & Go Kyung Soo, sama Jo Soo Ji yang kemungkinan join di episode minggu depan. Untuk kedua jaksa itu, saya sendiri nggak tahu apakah mereka sebenernya udah jadi anggota kelompok tapi belum terungkap, atau akan jadi anggota; atau justru akan jadi musuh. Masih banyak yang samar emang di empat episode pertama ini.

The Potential Crime


Kalau ada hal yang bikin saya agak 'tertahan' apakah akan lanjut nonton atau enggak, adalah kejahatan yang mungkin akan ada di drama ini. Saya nggak suka banget kalau masalah di drama itu kejahatan yang susah dilawan karena ada backing para penguasa dan mereka yang punya power, karena biasanya bikin para hero nya nggak berdaya ngapa-ngapain. Terus kalaupun berhasil ditangkap, biasanya penjahat-penjahat itu cuma dipenjara sebentar terus bebas karena main belakang. Selain itu, saya juga nggak suka kalau penjahat di dramanya itu seorang psycho yang sadis dan nggak manusiawi. Alasannya simply karena mereka terlalu sadis dan tindakannya nggak bisa dimengerti manusia normal.

Nah, di drama Lookout ini kemungkinan besar kejahatannya adalah gabungan dari dua hal itu. Udah saya kesel sama orang-orang berkuasa yang seenaknya mainin hukum kayak di Indonesia itu (haha!), ditambah lagi salah satu penjahatnya ada yang psycho abis. Baru kali ini saya nonton drakor kesel banget sampai geram sama tokoh yang muda dan ganteng. Biasanya ada aja pemakluman kalo orang jahatnya ganteng, apalagi masih dede-dede lucu gitu haha. Tapi ke penjahat yang satu ini tuh nggak berlaku kayak gitu, dan pengen nonjok aja bawaannya saking ngeselinnya. Apalagi lihat senyumnya yang psycho abis itu.

This!

And?


Sesuai dengan pikiran awal saat mau download dan baru mulai nonton: drama ini emang seru dan kayaknya bakal terus seru.

Dari lubuk hati terdalam *halah*, saya sih pengennya nonton drama ini sampai tamat; tapi nggak tahu deh apakah saya bisa kuat nontonin para evil itu berkeliaran dan merajalela. Saya berharapnya drama ini nggak membiarkan para hero kita itu terus menderita dan "kalah" terus, tapi bisa jadi permainan berimbang dimana orang-orang jahat itu kalah dan susahnya bukan cuma di akhir drama doang. Malah lebih bagus lagi kalau kelompok The Guardians itu terus selangkah lebih maju, meski dengan perjuangan yang susah payah :)

Tapi saya juga nggak mau berharap banyak sama drama ini, selain berharap ketinggian nanti jatohnya sakit hihi; nanti saya jadi nggak enjoy nontonnya karena terlalu banyak nuntut. Karena sejauh ini dramanya seru dan kayaknya bakal jadi drama bagus, three hours a week for watching this drama won't hurt, right? 

So for now, I will just sit and enjoy this drama!

Bonus: LOLOL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar