Selasa, 11 Maret 2014

Epik High is Simply Genius!

left to right: DJ Tukutz, Mithra Jin, Tablo

ini dia grup yang gue kagumi abis-abisan!

oke, mulai dari perkenalan gue ama mereka dulu yah haha. pertama kali gue punya interest untuk dengerin lagu-lagu mereka itu ketika iseng-iseng donlot show The Return of Superman. di show itu kan ada Tablo sekeluarga, which is part of YG family kan. terus jadi searching tentang Tablo, dengerin albumnya yang Fever's End itu dan langsung naksir berat! lagunya keren-keren coy. meski gue gatau liriknya, tapi enak aja didengernya. unik gitu musiknya.

terus jadi dengerin juga kan lagunya Epik High. yang pertama gue denger itu Don't Hate Me, dan itu super sekali, gue langsung jatuh cinta ama lagu itu! Epik High jenius, men! gue ga terlalu ngerti musik yah, tapi gatau kenapa keren aja gitu dengernya. unik juga. dan akhirnya gue dengerin album terbaru mereka yang 99 itu, plus beberapa lagu jadul mereka (sebelum kasus Tablo dan vakum tiga tahun itu)

sebenernya gue udah 'kenal' (haha) Tablo dari yang Strong Heart YG Family special tuh, pas awal 2012. seneng aja gitu denger kisah dia masuk YG plus sekilas tentang Hye Jung Unnie (istrinya, ex aktris YG). tapi gatau kenapa belom terdorong untuk dengerin lagu-lagu Tablo maupun Epik High, yang sekarang kalo diinget-inget gue nyesel banget kenapa ga dari dulu kenal grup ini. kemana aja gue selama ini heey?

yah, gue simpulkan (dan menghibur diri) kalo segala sesuatu itu ada waktunya haha. meski gue kayak freak sendiri gitu, baru heboh album Fever's End ama 99 itu sekarang padahal udah keluar dua tahun-an yang lalu -_-

ah ya, perkenalan dulu yah sekilas. Epik High itu ada tiga member: Tablo, Mithra Jin, dan DJ Tukutz. mereka itu grup hip hop (sebenernya kata Tablo mereka itu bukan grup hip hop, tapi grup pop yang nge-rap disana-sini :D). mereka mulai karier 2003 terbentuk dan membentuk sendiri, nggak kayak boy/girl group sekarang yang terbentuk karena training dari agensi tertentu. usia mereka sekitaran 32-34 tahun-an, dengan dua orang member udah nikah dan punya anak (Tablo dan Tukutz).

oke, sekarang kita bahas kenapa menurut gue EPIK HIGH ITU JENIUS :D

sebelumnya, gue mau bilang lagi kalo gue itu ga terlalu ngerti musik. jadi apa yang akan gue tulis ini anggap lah pandangan orang 'awwam' (haha) yang mungkin agak sotoy, yang juga nggak ngerti-ngerti banget tapi sangat menikmati musik :)

hal pertama yang langsung bikin gue jatuh hati ama grup ini adalah mereka itu unik. amat sangat unik. sorry to say, meskipun gue VIP garis keras, tapi gue akuin mereka jauh lebih unik dari Big Bang (which is selama ini gue ngerasa Big Bang sangat anti mainstream dan unik, belom ada yang nyaingin gitu).

dari musiknya. musiknya tuh beda aja didengernya, dan suka ada 'kejutan-kejutan' gitu di tengah-tengah lagu. tau-tau ada musik apalah, dari musik rendah tau-tau tinggi lah, dan macem-macem yang gue nggak ngerti apa itu istilahnya haha. mungkin karena mereka punya member yang khusus nge-DJ, jadi musiknya tuh lebih bervariasi gitu. dan kadang kayak nggak beraturan (apalagi di lagu-lagu lama mereka), tapi anehnya enak aja didengernya. mungkin mereka menggabung-gabungkan jenis musik lain kali yah, jadinya makin asyik aja.

uniknya lagi, mereka adalah grup pertama yang gue tau punya member yang khusus nge-DJ, yaitu Tukutz. aliran mereka kan emang hip hop, dan gue nggak begitu banyak tau lagu-lagu atau grup hip hop lain jadi gue ga tau apakah grup hip hop itu banyak yang memiliki member khusus nge-DJ atau gimana. ada beberapa part Tukutz ikut nyanyi sih, tapi nggak banyak.

dan mereka-lah yang membuat gue menyukai lagu-lagu hip hop yang banyak rap nya itu haha. biasanya gue males dengerin lagu yang kebanyakan rap, bukan lagu KPop sekarang yang ada rap-nya ya tapi beneran yang hip hop banget gitu. yang semacem lagunya eminem gitu. sekarang gue lebih enjoy dengerin lagu-lagu jenis itu. mereka kayak membuka mata gue (haha!) kalau ternyata lagu hip hop penuh rap itu ternyata asyik juga loh didengerin.

hal kedua yang bikin gue makin jatuh cinta ama Epik High adalah, lagu-lagu mereka bener-bener jujur. beberapa lagu mereka merefleksikan kehidupan nyata, dan menurut gue begitulah lagu seharusnya. lagu, film, dan novel menurut gue adalah hal-hal yang merefleksikan atau cerminan dari kehidupan manusia. entah itu untuk menggambarkan realita, untuk menuangkan perasaan, atau untuk menyemangati orang-orang.

dan Epik High dengan jeniusnya menuliskan lagu-lagu yang berisi hal-hal diatas. produksi lagu mereka murni mereka yang buat, dari lirik sampe musik. dan mungkin karena mereka bukan KPop idol, mereka lebih bebas mengeksplorasi apa yang pengen mereka sampaikan buat dunia (kalo idol kan cenderung harus jaga image).

kebanyakan lagu-lagu kan isinya tentang cinta yah, kayaknya kalo nggak tentang cinta tuh nggak bisa dibikin lagu dan nggak laku gitu. Epik High ini kerennya bisa ngebikin lagu yang isinya apa aja, nggak melulu cinta. emang sisi-sisi dan potongan kehidupan tuh mereka jadiin lagu.

duh, sebenernya gue ga maksud ngebandingin Big Bang ama Epik High karena mereka sama-sama punya keunggulan (dan gue sama-sama cinta mereka! haha), tapi berhubung dari grup yang ada gue paling tahu Big Bang jadi lagi-lagi gue bahas mereka. kalo Big Bang itu, meskipun lagunya enak-enak (banget!), tapi lagunya pasti tentang cinta.

lagu Blue misalnya, itu kan keluar setelah kasusnya GD dan Daesung Oppa, jadi gue pikir akan isinya ya gimana hati mereka itu blue dan dunia terasa dingin ketika mereka ngalamin hal itu. lagu solo Daesung Oppa yang Wings juga, gue pikir tentang bagaimana dia bangkit setelah mendapatkan masalah besar itu. dua lagu itu isinya emang tentang kesedihan (blue) dan bangkit, tapi tetep bawa-bawa cinta juga, tentang perpisahan sama kekasih. yaaa nggak apa-apa juga sih, tapi menurut gue alangkah lebih baiknya kalo lagu-lagu itu berisi perasaan mereka yang sesungguhnya tentang apa yang menimpa mereka. karena kasus akhir 2011 itu kan cukup gede, dan gue aja sebenernya sampe nangis pas nonton Healing Camp GD ama Daesung Oppa cerita kasus mereka. pasti bakal bagus dan keren banget kalo lagunya juga mencurahkan tentang hal yang mereka lalui hehe.

kalo lagu Epik High, Don't Hate Me misalnya. isinya ya emang beneran nyampein ke dunia jangan benci mereka, don't hate me. lagu ini kan keluar di album setelah mereka vakum tiga tahun dan Tablo kena kasus dituduh malsuin ijazah Stanford-nya (udah dibuktiin dan orang yang nyebar berita itu udah ditangani polisi). lirik Don't Hate Me itu bener-bener menunjukkan gimana perasaan mereka (Tablo mungkin terutama). gimana orang-orang ngeliat mereka itu selalu salah, gimana apapun yang dilakukan selalu dihujat dan nggak dipercaya, dan gimana nggak peduli meskipun seisi dunia benci mereka tapi selama masih ada satu orang yang mendukung, mereka tetap akan terus berjalan. jadi isi pesannya tuh lebih dalem gitu. dan it's really really cool. great!

They only nag me as if mistakes are faults
They hammer my mouth as if I am a nail
Only my tear flows in my heart filled with holes
Should't I smile? Why only me?
You said there is no reaseon to hate someone?
Why are there thousands of reasons in my case?
Everybody yells that everythings is my fault
You are goalkeepers who gag me
They says I am a sucky!

Everybody hates me, but you love me and I love you
It's all I need that you clap for me, baby
Everyone in the world is my anti fan. You know why I smile though?
It's all I need that you are on my side and my fan

source: www.kpoplyrics.net


lagu lain yang menurut gue keren banget itu New Beautiful, di album 99. kalo buat musiknya sih sebenernya gue nggak terlalu 'wah' banget, tapi liriknya keren. jadi intinya tentang jangan takut sama pandangan dunia, dimana semua orang harus cantik gitu. apalagi di korea kan mentingin penampilan banget, sampe orang pada rela operasi plastik. dan juga jangan takut karena kita berbeda dari pandangan umum dunia, kalo kita nggak sesuai ama target-target dan nilai dunia. kalo kita harus mencintai diri sendiri.

dan itu keren banget menurut gue. selama ini kan gue juga selalu berpikir kalo kenapa orang yang berbeda itu dianggap salah ama dunia? padahal berbeda kan ya cuma beda aja, masa semua orang harus sama.

You're not ugly
The world's standars are too high
You are beautiful
You don't know me, you can't see me
It doesn't matter, I like myself

You're not weird
The world's standards are too straight
We are beautiful
We can be different, we can go crazy
Cuz we're the new new new beautiful

source: www.kpoplyrics.net

dan lagu Airbag, dari album solo Tablo, menceritakan gimana semua orang di dunia ini sebenarnya merasa kesepian. kerennya, lagu itu terinspirasi dari dia sering naik taksi dan bis dan dia ngeliatin orang-orang di jalan. dan isi lagu itu ya emang cerita dia lagi di taksi dan ngeliat semua orang itu merasa sepi. pieces of life banget gitu. gimana nggak gue anggep jenius yang kayak gini? haha

lagu-lagu jadulnya juga bagus-bagus. gue suka sama yang 1 Minute 1 Second, Fly, Map the Soul, Fan, Umbrella, hahaha banyak deh. gue juga sebenernya belom donlot semua, tapi keren-keren deh. ada sedikit perbedaan sih yang sebelum dan sesudah vakum. gue nggak ngerti gimana ngebahasain lagu-lagu sebelum mereka vakum. nggak bisa dibilang gelap juga, karena musiknya ceria. tapi auranya tuh gimana gitu.

nah kalo sesudah vakum tuh lebih 'berwarna', kalo gue sih ngerasanya. lebih cerah aja gitu. kalo dibilang enak didenger mana, ya kata gue sih sebelum dan sesudah vakum sama-sama enak dan keren. sama-sama masih unik, sama-sama masih keren, sama-sama masih jenius!

tapi mereka kalo nggak salah (apa Tablo gitu, gue lupa) pernah bilang kalo mereka emang pengen bikin lagu kayak album terbaru 99 itu. lebih ceria dan cerah kan, pengen memulai hidup baru gitu. rebranding lah kali yah (meski sebenernya nggak berubah-ubah banget sih kata gue). setelah mengalami hal berat itu, mereka juga bilang nggak mau balik lagi ke masa-masa sebelum mereka ngalaminnya. karena sekarang (setelah ngerasain hal berat itu), mereka jadi lebih kuat dan tau siapa yang beneran mendukung mereka.

gue ceritain tentang Epik High di blog karena kekaguman gue sama mereka itu semakin bertumpuk-tumpuk dan gue pengen nyeritain ke semua orang hahaha. dan belom banyak yang suka Epik High, di Indonesia terutama. fans di Korea juga pada pergi ketika kejadian Tablo itu T.T ; gue sih seneng-seneng aja suka Epik High disaat orang pada nanya "Epik High apaan?", anti mainstream kan gue haha. jadi gue pengen menyebarkan informasi tentang Epik High biar banyak orang yang tahu :D

jadi, coba deh dengerin lagu Epik High. coba aja, kali jadi naksir kayak gue :D

btw, tahun ini kayaknya Epik High mau ngeluarin album lagi. dan album solo Tablo yang kedua. let's wait and see ^^

5 komentar:

  1. klo mnurutku yg paling bagus ya new beautiful,, yg umbrella sama its so cold cocok banget di dengerin kalo pas hujan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku juga suka tiga lagu itu :D
      Btw udah denger album Epik High yg Shoebox? Lagu2nya juga keren disitu :)

      Hapus
  2. lam kenal..baru liat blog kamu soalnya baru suka lagu hiphop korea juga baru2 ini. lgy searching ttg epik high nyasarnya kesini. but its ok tulisan kamu bagus jg kok. selain epik high aq juga suka ma leessang, mftby, mc mong dll. aku rasa lagu hiphop korea sgt berbeda feelnya dg lagu hiphop barat. dimana hiphop korea sgt mementingkan ritme lagu dan beat yg bisa membuat kita bergoyang.

    BalasHapus
  3. lam kenal..baru liat blog kamu soalnya baru suka lagu hiphop korea juga baru2 ini. lgy searching ttg epik high nyasarnya kesini. but its ok tulisan kamu bagus jg kok. selain epik high aq juga suka ma leessang, mftby, mc mong dll. aku rasa lagu hiphop korea sgt berbeda feelnya dg lagu hiphop barat. dimana hiphop korea sgt mementingkan ritme lagu dan beat yg bisa membuat kita bergoyang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo salam kenal juga :)
      Makasih sebelumnya udah mampir disini :) aku newbie soal Epik High dan hip hop, mungkin grup hiphop yg aku suka baru Epik High. Dan overall aku emang lebih suka lagu2 korea dibanding barat hehe :)

      Hapus