Sabtu, 07 September 2013

Actresses


sebelum cerita tentang film ini, saya cerita sedikit tentang proses saya nemuin film ini yaa. jadi pas saya lagi ngikutin The Queen's Classroom , saya jadi seneng sama Go Hyun Jung dan nyari profilnya. di profilnya, saya tertarik sama film Actresses ini dan pas saya liat sinopsisnya juga kayaknya seru. dan kayaknya belom banyak juga yang nonton film ini, padahal ini film bagus dan sampe diputer di festival film Berlin kalo ga salah. karena itu saya jadi makin penasaran sama film ini.

film ini agak-agak mirip sama film dokumenter, dan karena itu jadi blur antara fiksi dan kenyataan. jadi film ini bercerita tentang enam aktris yang diundang buat pemotretan majalah wanita Vogue pas malam natal. enam aktris itu dari berbagai generasi, dari generasi 20-an sampai 60-an. dan semua aktris ini pakai nama asli mereka di film ini. scene-nya juga cuma di lokasi pemotretan aja.

pemerannya saya urutin dari yang paling tua ke yang paling muda yaa.


Yoon Yeo Jeong (66 th). aktris ini udah malang melintang di dunia perfilman Korea, dan udah senior banget. buat yang sering nonton film atau drakor pasti familiar deh sama aktris ini. beliau ini main film dari tahun 1971, mantaaap jaya kan lama banget haha.
di Korea, umur itu sangat penting dan orang dihormati berdasarkan umurnya. sebagai senior di dunia film, pride aktris ini juga sangat tinggi dan di film ini terlihat dia sangat ngejaganya apalagi ketika berhadapan sama orang-orang yang jauh lebih muda dari dia.
tulisan posternya : Pride. Aku telah dibuang oleh orang jelek itu!


Lee Mi Sook (53 th). aktris ini mulai main film dari tahun 1979, samaa senior juga beliau. yang saya inget aktris ini main di East of Eaden sama Great Inheritance, selain berbagai drama sama film dia yang banyak banget. aktris ini deket sama Yoon Yeo Jeong tadi, kayaknya pernah main drama atau film bareng. Lee Mi Sook bilang kalo ibunya emang salah nulisin tanggal lahirnya, jadi dia juga sebenernya gatau umur dia sekarang berapa.
tulisan posternya : Mystery. Aku memiliki rahasia kelahiran!


Go Hyun Jung (42 th). aktris ini terkenal banget jadi Mishil di Queen Seon Deok, dan sebelum itu juga udah membintangi berbagai film dan drama. Go Hyun Jung juga terkenal punya kulit yang bagus, sampe kalo ga salah ngeluarin buku tentang perawatan kulit gitu.
Go Hyun Jung ini blak-blakan banget, ngutarain apa yang emang ada di pikirannya. dan kayak ga peduli juga omongan orang karena ga terlalu jaim. dia sama Lee Mi Sook dan Yoon Yeo Jeong ini emang udah deket dari lama, dan kebetulan mereka sama-sama aktris yang cerai.
tulisan poster : Scandal. Membicarakan hal-hal baik saja akan membosankan!


Choi Ji Woo (38 th). inget Winter Sonata, film yang nangis mulu itu? nah ini dia pemainnya. aktris yang dijulukin Hallyu Star ini termasuk aktris yang membawa drakor jadi terkenal ke seluruh dunia. fansnya paling banyak dari Jepang. dan di film ini diperlihatkan kalau dia emang berjiwa 'star' dan yaah terlihat agak belagu.
tulisan poster : Fame. Kalian tidak meremehkanku selama aku tidak disini, kan?


Kim Min Hee (31 th). agak beda dari aktris yang lain, basic Kim Min Hee ini modeling dan dia seneng aja disuruh pake baju dan dandanan yang aneh-aneh. btw, dia ini yang pacaran ama Jo In Sung sekarang hiks. sebenernya saya agak ga suka ama dia (karena dia pacaran ama Jo In Sung dan sering pacaran sama aktor-aktor cakep).
cuma abis nonton film ini saya jadi agak seneng ama dia, karena dia orangnya ceria gitu. keliatan easy going dan supel gitu. pas dateng pemotretan aja dia pake motor dan emang dia kesana-kemari pake motornya. padahal biasanya artis kan dianter mobil kemana-mana.
tulisan poster : Jealousy. Pria menyukaiku juga!


Kim Ok Bin (26 th). aktris ini satu-satunya yang belom kenal sama aktris lainnya di film ini, karena yang lainnya udah saling kenal. Choi Ji Woo sama Kim Min Hee udah saling kenal, Kim Min Hee juga udah kenal Go Hyun Jung sebelumnya. mungkin karena itu, Kim Ok Bin agak canggung disini. dan kayaknya dia juga tipe orang yang ga enakan dan selalu pengen bikin orang seneng.
pas pada pengen kopi, dia langsung ke belakang ambil kopi tanpa bilang-bilang dan pas balik udah pada megang kopi. terus pas Yoon Yeo Jeong nyari korek, dia juga langsung nyari-nyari korek tapi keduluan sama yang lain. jadi dia tuh baik, tapi canggung gitu kayak ga pede. saya sempet heran kok dia aktris tapi sifatnya begini yaa? tapi seiring udah kenal dia jadi nyaman juga sama lingkungannya.
tulisan poster : Complex. Aku pasti akan menurunkan berat badan, pasti!

sebenernya saya agak 'ngeri' nonton film ini, karena ini terlihat nyata banget buat saya. dari pengambilan gambarnya yang bukan kayak film, yaa kayak dokumenter aja gitu. terus dari akting (atau bukan?) yang natural, dan justru itu seremnya. karena disitu mereka blak-blakan banget soal hidup mereka, apalagi Go Hyun Jung.

Go Hyun Jung sama Choi Ji Woo berantem di film ini, karena Go Hyun Jung yang emang kayak panas-panasin Choi Ji Woo, yang secara ga langsung bilang kalo 'eh lu tuh sok artis banget sih, dan biasanya emang belagu dan suka uang' gitu lah. jadinya Choi Ji Woo kesel dan berantem sama Go Hyun Jung. nah pas disini saya gatau apakah mereka akting apa bukan. aaah bahkan semua scene saya gatau apakah mereka akting apa bukan.

terus pas Kim Ok Bin nyobain baju yang buat Kim Min Hee, yang ternyata ga muat. Kim Ok Bin ini emang agak ga pede sama badannya, dan ngiri banget sama Kim Min Hee yang badannya bagus banget.

lucunya, Choi Ji Woo yang kesel abis berantem sama Go Hyun Jung kan keluar terus dan dia ternyata beli ubi gitu buat Go Hyun Jung. disitu mereka udah biasa lagi, dan Choi Ji Woo juga ngerti kalo Go Hyun Jung itu emang orangnya blak-blakan aja makanya kayak kasar ngomongnya. dan abis itu mereka makan-makan dan minum-minum bareng, ngerayain malam natal dan sekalian nunggu properti yang emang lama datengnya.

dan Go Hyun Jung sampai bikin line orang-orang yang cerai, yaitu dia, Lee Mi Sook sama Yoon Yeo Jeong. dan kebetulan mereka emang duduk bertiga dan seberangnya Choi Ji Woo, Kim Min Hee sama Kim Ok Bin yang belum nikah. terus mereka nangis-nangisan karena inget kehidupan mereka yang sama-sama cerai dari suaminya.

ada satu perkataan yang saya lupa kata siapa, yang jelas salah satu dari tiga aktris yang udah cerai itu, yang intinya: orang-orang selalu mengatakan 'mengapa para aktris itu hidup sesuka hati mereka?' (ketika mereka cerai). padahal bagaimana bisa kita hidup sesuka hati, sedangkan berbagai tindakan yang kita lakukan memikirkan banyak hal dan publik?

film ini mengungkap sisi para aktris itu dan menjelaskan secara ga langsung kenapa aktris dibilang ego nya besar dan mungkin cenderung belagu. dan ketika nonton film ini, sebenernya ketika udah saling kenal, para aktris itu ga belagu, Choi Ji Woo yang nampak belagu pas awal juga ternyata friendly gitu.

dan melihat juga bagaimana mereka harus bertahan di industri hiburan Korea yang emang keras banget kan, apalagi omongan publik yang selalu protes aja tiap mereka ngelakuin kesalahan dikit. ketauan pacaran aja dianggep skandal gedeeee banget, apalagi sampe cerai. jadi kayaknya publik Korea itu pengennya para public figur mereka yaa melakukan hal-hal yang baik-baik dan sesuai keinginan mereka aja. publik itu seolah lupa kalo para aktris atau selebriti lainnya juga tetep aja seorang manusia yang wajar laah melakukan hal yang dilakukan kebanyakan orang.

ini adalah film yang paling susaaaaaaah saya nyarinya. ngubek-ngubek mbah gugel berapa minggu yaa buat nyari film ini, susah banget nemunya. kan saya jadi mikirnya kalo film ini emang sengaja 'disembunyikan' gitu, soalnya emang blur banget antara fiksi sama kenyataan. saya aja ga berasa nonton film, berasa ngeliat dan ngedenger mereka ngobrol aja. mungkin karena itu film ini susah dicari yaa hehe, soalnya memperlihatkan yang sebenarnya gitu.

dan ini film bagus. semua orang yang berkontribusi dalam film ini adalah orang-orang berani, dari produser, sutradara, sampai para aktrisnya. karena mereka berani nanggung akibatnya orang tau gimana sebenarnya dunia hiburan disana. dan buat para aktris korea yang biasanya harus sangat jaim, buat saya itu adalah prestasi looh maen film ini karena berani membuang jaim itu dan sisi asli diri mereka terlihat di film ini. kereeeen, pokoknya film ini kereeen dan mereka semua adalah orang-orang keren!

buat yang suka nontonin drama atau film Korea, ga ada salahnya nonton film ini deh. biar lebih ngerti gimana sebenernya dunia hiburan Korea dan gimana beratnya hal yang dilalui sama selebriti disana. biar kita ga ikutan latah sembarangan ngasih-ngasih komen seenaknya buat para selebriti itu, ketularan netizen korea. biar kita lebih menghargai usaha keras mereka meskipun bukan selebriti yang kita idolain. biar kita sadar juga kalau mereka itu sama-sama manusia kayak kita, jadi kita jangan berlaku seenaknya mencaci atau menghujat kelakuan mereka.

selamat menonton, dan serius ini saya rekomendasiin banget :)


source:
http://en.wikipedia.org/wiki/Actresses_(film)
http://www.dramabeans.com/2009/11/movie-actresses-blurs-line-between-fact-and-fiction/
saya donlot film ini di indowebster setelah ngubek-ngubek, dan subtitle nya nemu di subscene.com

1 komentar:

  1. wah kayanya seru... kapan-kapan cari filmnya ah~
    by the way, salam kenal ya ;)
    udah pernah nonton Secretly and Greatly? pemerannya Kim Soo Hyun. aku bikin reviewnya disini http://kimva4ever.blogspot.com/2013/09/secretly-and-greatly.html mampir yaa~

    BalasHapus