Jumat, 15 Maret 2013

School 2013


anyeong anyeong, udah lumayan lama nih saya ga posting review drakor atau movie hehe. selain emang udah mulai kuliah dan jarang nonton drakor, juga belom ada lagi drama yang sreg buat dibikin review. baru drama ini akhirnya yang menurut saya sayang banget kalo nggak ditonton :D

sesuai judulnya, drama ini menceritakan tentang kehidupan sekolah di Korea Selatan sana. di awal drama ada narasinya, kalau sekolah adalah tempat dimana anak-anak menyembunyikan sesuatu dan orang tua tidak tahu. drama ini berisi tentang segala sesuatu tentang kehidupan remaja di korea sana. dari pesahabatan, iklim belajar dan persaingan yang keras, berantem, bullying, dan semacemnya.

dan karena ini menceritakan tentang kehidupan sekolah, tokohnya banyak hehe. dan masing-masing tokoh itu menghadapi masalahnya masing-masing. 

pertama ada bu guru Jung In Jae (Jang Nara; Baby Faced Beauty, My Love Patzzi). bu guru imut ini ngajar bahasa sekaligus jadi wali kelas 2.2. FYI, kelas 2.2 itu kelas yang isinya banyak anak nakal dan paling rendah nilainya. bu guru Jung In Jae ini tokoh guru idaman murid-murid deh; baik, perhatian, ngelindungin muridnya, meski sering bawel juga hehe. bu guru Jung In Jae ini tipe guru yang emang passion-nya jadi guru, jadi bener-bener total gitu dalam ngedidik murid-muridnya, nggak sekedar ngajar. cuma karena anak 2.2 itu lumayan susah diatasin, jadi cobaan lumayan berat buat bu guru imut ini.
btw, kenapa rata-rata wali kelas itu guru bahasa ya? di God of Study juga wali kelasnya guru bahasa.



terus  ada Kang Se Chan (Choi Daniel; Baby Faced Beauty), yang dia ini pengajar bahasa yang terkenal gitu di korea, kayak pengajar di tempat bimbingan belajar dan online teacher gitu. Kang Se Chan ini nggak suka ngajar di sekolah karena nggak mau terlibat sama anak-anak, tapi karena sesuatu hal dia harus ngajar di sekolah. dan uniknya, Kang Se Chan ini mengatasi masalah anak-anak itu dengan caranya, dan berhasil apalagi buat anak-anak cowoknya kekeke~


oh iya, Kang Se Chan juga jadi wali kelas 2.2. jadi kelas itu punya dua wali kelas, dan kayak pas gitu bu guru Jung In Jae ngatasin masalah anak-anak cewek, Kang Se Chan ngatasin anak-anak cowok.

naaaah ini murid-muridnya :)

pertama, Go Nam Soon (Lee Jong Suk). dia ini anaknya males; males belajar, dan males nyari masalah. jadi dateng ke sekolah sekedar dateng aja karena nggak ada tempat laen buat didatengin selaen sekolah. terus kalo dipalakin sama temennya juga dia ngasih aja karena males nyari masalah. pas pemilihan ketua kelas, temen-temennya iseng nyalonin dia jadi ketua kelas dan akhirnya dia jadi ketua kelas. tentu aja itu jadi cobaan tersendiri buat dia yang pemalas hahaha.
Go Nam Soon ini punya masa lalu yang gelap dan karena itu dia jadi males nyari masalah.


kedua, Park Heung Soo (KimWoo Bin; a Gentleman's Dignity). Park Heung Soo ini murid pindahan yang udah sering pindah-pindah sekolah karena sering bikin masalah. dan di sekolah ini dia niat buat lulus karena udah diancem juga ama kakaknya yang stress ngeliat adeknya nggak lulus-lulus. Park Heung Soo ini temen lama Go Nam Soon, yang karena sesuatu mereka berantem hebat.
btw, Oppa ini maen di a Gentleman's Dignity jadi muridnya Kim Haneul dan temennya Jonghyun looh hehehe. dan di drama ini aura nya kuat banget, gatau kenapa meski rebel tapi kharismatik gitu Oppa ini :D


ketiga, Song Ha Kyung (Park Se Young). Song Ha Kyung ini paling pinter di kelas dan emang kerjaannya belajar mulu. dia ngejar buat masuk S University (Seoul University) makanya belajar mati-matian, malah kayak tertekan ama belajar gitu. keluarganya semua masuk S University, jadi dia juga mau ga mau harus masuk situ. dia ngajuin diri buat jadi wakil ketua kelas karena dia butuh nilai lebih, sedangkan kalo jadi ketua kelas terlalu ngerepotin. Song Ha Kyung tipe cewek yang dingin, ngomong seenaknya, dan nggak peduli sekitarnya.


terus Lee Kang Joo (Ryu Hyo-young), yang disini dia itu tomboy dan easy going. meski tomboy, dia peduli sama temen-temennya. dan temenan deket sama Song Ha Kyung terus sedikit-sedikit ngerubah Ha Kyung jadi lebih peduli sama orang lain. Lee Kang Joo juga pinter, meski nggak se-ambisius Song Ha Kyung karena dia emang nggak terbebani masuk kampus manapun. Kang Joo suka kasian sama Ha Kyung yang terbebani buat masuk S University.
btw, Ryu Hyo-young ini anggota girlband loh, dan kembarannya ex-member T-ara, Hwayoung :)


terus ada Kim Min Ki (Choi Chang Yub), yang juga salah satu anak pinter di kelas itu. Kim Min Ki tadinya ketua kelas sampe akhirnya diganti sama Go Nam Soon. dia kayak punya kharisma (kalo kata Go Nam Soon karena dia rajin belajar) yang bikin orang-orang dengerin omongan dia. Kim Min Ki juga salah satu anak yang tertekan belajar, yang kalo dia ini tertekan karena ibunya yang over-protected (kalo kata temen-temennya, Manager Eomma kekeke).


daaan, ada tiga serangkai biang onar; Oh Jung Ho-Lee Yi Kyung-Lee Ji Hoon. mereka bertiga ini 'preman'-nya kelas 2.2. jarang masuk, suka malakin orang, bullying juga. mereka yang suka mintain uang ke Go Nam Soon dan terus berantem sama Park Heung Soo.
mereka ini punya alasan kenapa jadi berandal gitu, dan faktor utamanya lingkungan. tapi nantinya mereka berubah kok :)


sebenernya masih ada lagi murid-murid laen di drama ini, tapi nggak mungkin juga dibahas semua disini hehe. pokoknya karakter-karakter di drama ini punya masalahnya masing-masing dan khas anak sekolah, anak sekolah korea ya khususnya.


daaaaan saya jatuh cinta sama drama ini! hahaha. pertama nonton, saya kayak agak gimana gitu sama endingnya. jadi kayak What's Up, yang alurnya seru dan keren tapi endingnya 'gitu aja'. tapi kalo dipikir-pikir, itu justru nyata banget endingnya, realita banget gitu. karena namanya kehidupan sekolah kan nggak berarti berakhir dengan berakhirnya drama itu, realita juga begitu kan. dengan berakhirnya sebuah kisah di satu tempat, nggak berarti kisah hidup kita selesai :)
akhirnya saya jadi naksir abis ama drama ini XD malah selesai nonton, saya ulang-ulang lagi terutama yang adegan murid-muridnya (kece-kece loh chingu-deul cowok disini haha). selain itu, emang ada hal yang lebih objektif dari sekedar cakep hehehe.

pertama, ini tentang sekolah. nggak tau kenapa saya seneng aja nonton drama tentang sekolah, terutama abis lulus SMA. nonton drama anak sekolah itu berasa juga semangat dan 'hawa muda' dari karakter-karakternya. meski beda negara dan beda sekolah (iyalah!), tapi ada hal-hal yang sama dari semua remaja di  manapun. semangatnya, easy going-nya, tawa-nya, persahabatan-nya, kisah suka-nya, daaaan hal-hal lain yang ceria. dan masalah-masalah yang dihadapin juga kurang lebih sama, yang kalo kata Lee Kang Joo "Masalah kami mungkin sepele di mata orang dewasa, tapi bagi kami itu adalah hal yang besar."
daan, nonton drama ini lumayan mengobati kerinduan sama masa sekolah dulu, meski bikin jadi kangen lagi sih haha. tapi kan kita nggak bisa balik ke masa lalu ya, jadi tontonin aja drama yang 'mewakili' masa lalu kita hehehe.

kedua, di drama ini tuh tergambar jelas gimana pola persahabatan laki-laki dan perempuan. laki-laki yang cenderung keras emang sering berantem dan mandang segala sesuatu dari kekuatan. jadi pas Park Seung Hoo dateng, anak-anak kelas langsung bikin 'rangking' baru siapa yang terkuat. dan uniknya, justru dengan para cowok itu berantem jadi mendekatkan mereka. nah ini yang saya nggak ngerti, karena saya bukan cowok :D
juga persahabatan cewek, yang kemana-mana gandengan lah, dan bareng aja kemana-mana. ada satu scene yang bikin saya langsung ngakak karena itu digambarin betapa cewek tuh susah jaga rahasia kalo udah sesama temen deket cewek. dan itu tuh emang bener banget gitu, bukan maksud ember tapi yaa emang gitu haha. beda ama cowok yang cenderung lebih tertutup.
dan ada kesamaan di antara pola kedua pertemanan itu, kalo konflik justru bisa aja ngebentuk persahabatan, atau mempererat persahabatan.

ketiga, di drama ini juga digambarin kalo anak-anak nakal itu bukan dari sananya. bukan emang yang bener-bener nggak baik. di drama ini nunjukin kalo nggak ada manusia yang sepenuhnya jahat atau sepenuhnya baik. pasti ada alasan atau faktor-faktor yang ngebentuk kenapa dia jadi begini begitu.
kayak Oh Jung Ho yang preman, ternyata dari keluarga yang broken home. terus Song Ha Kyung yang ambisius karena keluarganya emang menekan dia buat begitu. pokoknya selalu ada alasan dibalik terjadinya sesuatu.

terakhir, yang paling saya suka di drama ini adalah karakter para guru yang positif dan nggak berpandangan sempit. rata-rata guru udah males dan underestimate duluan sama murid-murid yang bermasalah, jadi suka nggak mau tau kenapa si murid berkelakuan kayak gitu.
di drama ini, para gurunya menghargai apa yang dilakukan muridnya, bahkan guru BP yang galak sekalipun. kayak pas muridnya ada yang ngelakuin kesalahan terus minta maaf, sang guru bilang kalo "Yang kamu lakuin melanggar peraturan, tapi buat mengakuinya kamu pasti butuh keberanian besar. kamu hebat."
dan line lain, "Kamu sangat menderita hari ini, dan terima kasih karena telah bisa menahan dan menghadapi semuanya."
ini kayak penghargaan dari sang guru ke murid-murid yang berhasil mengatasi masa-masa sulitnya, nggak peduli gimana hasilnya atau gimana buruknya perbuatan sebelumnya. karena namanya seumur remaja buat ngejalanin masalah-masalah kayak bullying, penekanan belajar, dan semacemnya pasti nggak mudah juga. dengan adanya para guru yang positif dan menghargai mereka, mereka juga jadi terdorong buat menghadapi masalah dan ngelewatin dengan baik.

ada beberapa line yang saya suka dari drama ini, dan dua-duanya itu line-nya bu guru imut Jung In Jae :D

"Everything does pass. even things that seems like a big deal will pass."
"You suffered a lot today, and thank you for enduring it well."

selamat menonton :D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar