Minggu, 30 Desember 2012

like korea and love indonesia

halo, gue Aziyah Hazrina, dan suka korea.

kenapa gue bilang gitu di awal? karena postingan ini berhubungan sama kesukan gue akan hal yang satu itu. buat temen-temen gue, temen di dunia nyata maupun dunia maya, mungkin udah tau fakta yang satu itu *sok fakta penting* haha. mungkin kalo ada yang iseng liat TL gue, postingan blog gue, isi laptop gue, atau fesbuk gue (jarang sih fb sekarang); bakal ngebatin "Nih anak korea-an mulu."

haha emang iya sih. bermula dari suka film ama drama-nya, yang pada dasarnya kan gue emang suka film. merambah-lah ke suka lagunya, ke suka yang nyanyi lagunya, ke artis-artis laen yang satu manajemen sama penyanyinya, ke artis-artis kece yang maen drama atau filmnya. dan karena sering banget nonton dan denger, sedikit-sedikit jadi tau bahasa dan istilah2nya. dan mulai lah ada keinginan buat ke korea, dari keinginan yang sebatas pengen doang sampe taraf udah-pengen-banget-tapi-belom-ada-kesempatan hahaha.

gue pernah ngetwit, kalo gue lahir dan gede di korea, kayaknya gue bakal jadi semacam Sung Shi Won yang di Reply 1997. fyi, Shi Won itu tokoh di drama Reply 1997 yang dia itu fans fanatik dari 'leluhur'-nya boyband korea H.O.T. dan emang ada beberapa kelakuan Shi Won yang gue alamin meski ga se-ekstrim dia haha. jadinya gue mikir, yang membuat gue ga se-eskstrim dia mungkin karena gue bukan orang korea yang bisa ngeliat langsung idolanya dari awal debut dan ga bisa stalking ke tempat tinggalnya.

cuma kalo ditanya, mau nggak gue terlahir sebagai orang korea?

engga.

ga pake mikir gue langsung bilang engga hahaha. gue suka diri gue, termasuk status sebagai orang indonesia. gue suka sama enaknya sarapan nasi uduk sama nyari dvd di pasar malem. gue suka naek omprengan yang bisa bikin gue lanjutin tidur yang tertunda karena harus bangun pagi. daaan berbagai hal laennya yang di korea nggak ada. nggak sotoy gue, kan di film-film korea udah keliatan ada apa aja disana haha.

lagian kayaknya ga bakat deh gue jadi orang korea, tinggal di tempat yang dingin selama 6 tahun di bawah kaki gunung ciremai aja gue mengalami banyak kendala; apalagi korea yang musim gugurnya aja dingin banget, apalagi musim dingin yang ada saljunya huhu. gue cocoknya di daerah tropis kayak indonesia khususnya bekasi yang kadang panasnya suka ga nyantai hahaha.

dan jadi inget juga kata dosen gue, meskipun di luar negeri gajinya gede tapi pengeluarannya juga gede. kalo kelaperan nggak bisa minta tolong sodara atau tetangga, orang tua aja suka dititipin kan. terus kalo musim panas jauh lebih sadis dari bekasi. musim dingin jauh lebih dahsyat dari Haka kalo lagi musim angin santri baru :D

lagipula, meskipun gue suka korea, dari film sampe mata-mata segaris orang-orangnya, tetep aja ada hal-hal yang menurut gue kurang baik dari orang sana. eh tapi ini diem-diem aja yah, kalo di sebelah lo ada orang korea minta terjemahin jangan kasih tau hihihi.

yang nggak gue suka dari orang sana itu lebay-nya yang suka ampun-ampunan terutama dalam menanggapi pemberitaan di internet, baik dalam hal negatif maupun positif. positifnya dulu ya, gue ambil contoh dari pemberitaan tentang artis yang suka ada di internet deh. artis senyum ramah pas ngantuk aja sampe ada artikelnya, terus dipuji-puji punya manner baik sama netizen (internet citizen)-nya. di indonesia kayaknya ga gitu-gitu amat deh haha.

negatifnya, hal sepele juga. misalnya si artis keliatan ngga semangat atau jarang senyum pas lagi talk show. langsung diprotes nggak punya etika tuh sama netizen, padahal bisa jadi artisnya baru kemaren muncul di artikel yang isinya muji2 manner baiknya. gue sering cengo, gitu aja kok heboh sih --"

mungkin karena ini ya artis sana banyak yang bunuh diri. budaya mereka itu emang gitu, suka banget ngomentarin orang se-sepele apapun dan komentar-komentar orang dimasukin ke dalam hati. ya indonesia juga sih suka ngomen, cuma ga se-lebay itu haha. artis sana juga jadi sering kepikiran gimana pandangan orang, gimana kata orang.

mungkin ini juga yang bikin artis korea sering banget bikin pencitraan, abis baksos apa langsung diberitain, abis ini-itu diberitain. banyak hal-hal kecil juga diberitain di internet. pokoknya sebisa mungkin nampakin yang baik-baiknya dan jangan sampe nyakitin hati fans sampe pacaran aja diem-dieman (kasian T____T). padahal kan yang namanya manusia kan ga sempurna hehe.

dan yaa, ga memukul rata begitu semua yaa. ada kok orang-orang yang ga kayak apa yang gue tulis disini, cuma dari yang gue amati sih *ssah* kebanyakan gitu. yaa kayak indonesia aja dengan pemberitaan buruknya, nggak berarti semuanya gitu kan?

terus zi, kalo udah tau gitu kenapa masih suka?

yaa udah suka sih ya mau gimana dong? kan katanya cinta itu buta haha. kadang kita nggak perlu alesan sih buat suka sama sesuatu. dan sama aja kayak orang-orang laen yang punya kesukaan dan idola masing-masing. ada yang suka artis hollywood, bollywood, jepang, sampe suka bola. semua hal-hal itu juga pasti punya kekurangan kan? tapi tetap aja tuh orang-orang suka hehehe

sama aja sih kayak penerapan ke indonesia. indonesia yang dibilang bobrok lah, parah lah, kacau lah; gue tetep cinta sama negeri ini. tetep betah tinggal disini. iyalah mau dimana lagi gue tinggal? meskipun bumi Allah itu luas, tapi tetep aja rumah cuma satu dan itu indonesia *hahaseek*. kalopun nanti gue ke korea, nggak akan tinggal sampe tua lah gue disana. paling setaunan dan yang penting bisa ketemu bias gue hahaha.

lebih baik disini, rumah kita sendiri :)
 

2 komentar:

  1. Selamat..selamat.. :)

    http://usep-farhan.blogspot.com/2013/01/sunshine-award_3.html

    BalasHapus