Senin, 16 April 2012

SAY NO TO PLAGIARISM

tadinya saya mau bikin postingan film yang baru aja saya tonton. trus biasa kan, kalo mau bikin postingan film saya nyari potongan2 gambarnya di google. trus buka blog orang dari gambar itu. pas saya baca reviewnya, kok kayak pernah saya baca ya? persis banget kata-katanya. saya cek kan ke blog yang emang 'langganan' saya kalo lagi nyari film korea. dan emang sama persis. saya liat tanggalnya, kan kalo yang belakangan ketauan itu yang jiplak abis. eh tapi ternyata sama tanggalnya juga.

cuma emang beda blog sih, satu blogger satu wordpress. tapi tetep aja saya shock. sama nya tuh sama banget gitu. mungkin aja itu yang punya orang yang sama, cuma beda blog aja, biar banyak yang baca. yah, mudah-mudahan aja emang begitu.

saya jadi keingetan lagi, pas beberapa minggu lalu googling tentang paket xl unlimited. ternyata ada beberapa postingan dengan alamat beda yang isinya tuh sama persis. persis sis sis banget. cuma saya waktu itu ga terlalu kepikiran, soalnya lagi nyari2 banget kan soal paket itu, dan mungkin karena saya juga ga pernah nulis tentang tips internet cepet gitu, jadi ga terlalu berasa. cuma ngebatin, ih gila nih orang, copas-nya sadis banget.

nah tadi pas baca dua postingan yang sama persis itu, miris banget saya. belom kepikiran tuh kalo mungkin aja yang punya orang yang sama, atau gimanalah kondisinya yang mirip2 gitu. saya kepikiran kesian banget orang yang dijiplak postingannya, persis lagi. trus saya jadi ngeri sendiri ngebayangin kalo postingan saya juga ada yang plagiat gitu.

ngeri, bukan lebay kalo kata saya. soalnya bikin postingan, kecuali curhatan, butuh effort dan makan waktu. kalo curhatan kan, yaa siapa juga yang mau jiplak sih? kurang kerjaan aja yang jiplak kan. walopun sebenernya nulis curhatan di blog juga butuh waktu dan effort (mikir kata-kata yang enaknya, belom kepotong nangisnya hahaha), cuma berhubung kayaknya ga ada deh yang segitu rajinnya jiplak curhatan orang, jadi menurut saya ga masuk effort gitu

cuma kalo kaya tips, review film, ato masukin pelajaran (kayak bagian dari matkul atau tugas kuliah) kan butuh effortnya lumayan. kayak review aja, yang lumayan sering saya bikin. butuh waktu kurang lebih sejam buat bikinnya. dari cari gambarnya, trus cari di wikipedia nama-namanya (kalo movie suka lupa nama pemainnya soalnya cuma sebentar kan nontonnya, sama nyari nama aslinya juga), trus sekali-sekali ditonton lagi bagian-bagian yang penting dan pengen ngutip kata-katanya biar persis sama.
apalagi kalo puisi, cerpen, atau cerbung yang dijiplak. wuah kalo saya yang digituin, mau nyewa hacker buat nyari tau siapa yang jiplak, terus datengin dan gampar mukanya sekenceng-kencengnya hahahha (fiktif belaka, don't do this at home :D ). bikin cerita kan jauuuuuh lebih susah daripada bikin review sesuatu yang abis kita baca atau tonton.

jadi, mari hindari dan jauhi plagiarisme sebisa mungkin. kalo emang mau ngambil kutipan dari tulisan orang, tulis lah sumbernya dari mana. kita kan bukan orang bego dan primitif lagi, buktinya udah jago kan ubek-ubek internet?
hargai tulisan orang laen, meski kita ngeliatnya 'ah elah cuma gitu doang', tapi buat yang nulis tuh ga gitu doang. pasti ada effortnya. yang harusnya malu sampe harus ngubur diri saking malunya tuh yang jiplak abis tulisan orang hehehhe.

so, SAY NO TO PLAGIARISM!

manse! *loh?*
hehehhe :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar