Kamis, 12 April 2012

Girl Scouts


kirain ini film baru ya, soalnya di rentalan deket rumah saya baru ada ini film. eeh ternyata ini tuh film 2008, lumayan lama juga kan.

pas liat covernya, sebenernya saya ga terlalu interest. soalnya saya baru liat pemaen2 nya, trus yang maen juga ga ada anak mudanya (keliatan dari covernya hehe). pertama-tamanya saya ngebatin: ih film apaan sih ini? eeh tapi kesananya seru juga. dan lucu juga.

film ini tentang sekelompok orang (wanita paruh baya a.k.a ajumma tepatnya) yang ditipu sama orang yang nyimpen uang mereka. jadi mereka kan golongan menengah ke bawah, trus ada wanita yang punya salon yang buka sistem tabungan gitu. wanita ini ceritanya nyimpenin uang orang2 sekitar situ (kayak kita kan juga suka ada tuh, se-rt nyimpen di siapa gitu terus disimpenin di bank ama orang itunya). nah ternyata si wanita ini ngehimpun uang orang2 disitu buat dibisnisin ama dia. yang nipu mereka namanya Song Hae Ran.

orang2 yang pada nyimpen uang disitu pada marah dong pas tau uangnya dibawa kabur. pas disamperin ke salonnya, udah ga ada kan tuh yang bawa kabur duitnya. trus ada satu orang, Cho Mi Kyung (Kim Suna) , yang ngobrak-abrik salon itu trus nemu petunjuk dimana kira2 tuh orang yang bawa kabur uang mereka.

Cho Mi Kyung ini janda yang punya anak satu. dia nyimpen uang di Song Hae Ran buat buka restoran sendiri. dia kesel banget pas tau uangnya dibawa kabur, dan ngajak orang-orang yang deket sama dia, yang uangnya dibawa kabur juga, buat ngejar si Song Hae Ran dan minta uang mereka balik lagi.

ini orang-orang yang diajak Mi Kyung:

Oh Bong Soon (Lee Kyung Sil)

Bong Soon ini ibu dua anak. dia nabung buat biaya operasi anaknya.


 Lee I-Man (Nah Moon Hee)

I-Man ini kerja di minimarket dan suka bawa pulang makanan2 yang ga laku (nyolong sebenernya haha). pas uangnya dibawa kabur, dia diomel2in sama anaknya (songong anaknya tuh). tadinya dia sempet ga mau ikut ngejar Song Hae Ran, tapi akhirnya ikut juga dia.

Kang Eun-Ji (Go Joon Hee)

Eun Ji ini sebenernya ga nyimpen uang di Song Hae Ran. cuma dia dikejar utang, jadi ikutan dengan harapan kali aja ada uang sisa dari yang mereka dapet. dia juga ikut buat ikut jalan-jalannya haha

dan ternyata, petunjuk yang didapet Mi Kyung itu korek api dari sebuah bar gitu, yang di bar itu sering dateng penyanyi yang jadi idola si Song Hae Ran. awalnya pada marah-marah tuh pas tau ternyata petunjuknya begitu doang, korek api emang nunjukin kalo Song Hae Ran ada di situ? tapi mereka terlanjur dateng ke tempat itu jadi mau ga mau nunggu datengnya si Song Hae Ran.

disebut girl scouts soalnya mereka emang kayak lagi kemah pramuka gitu. namanya ibu-ibu ya, jadi kalo pergi-pergian preparenya banyak. bawa rantangan lah, selimut lah. beneran kayak pramuka deh. udah gitu mereka bikin 'kemah'-nya di depan bar itu pula. kalo mandi, numpang mandi di bar itu. mereka sama sekali ga beli dari bar itu, tapi cuma numpang ke kamar mandi doang hahaha.

di film ini tuh dilliatin banget arti uang buat orang menengah ke bawah sama buat orang 'atasan'. Song Hae Ran itu bisnis obligasi gitu (saya juga ga begitu ngerti gimana pengertian dan pengoperasian obligasi itu), dan uang mereka yang tabung masih ada sama dia. obligasi itu dia curi dari sebuah perusahaan gitu, yang pegawai perusahaan itu ternyata orang yang nagih utang ke Eun Ji.

pas ketangkep ajumma-ajumma itu, Song Hae Ran 'cuma' bawa obligasi itu, dan mereka marah2 nanyain dimana uang mereka. trus Song Hae Ran bilang kalo obligasi itu jauh lebih mahal daripada uang yang mereka tabung, dan uang yang mereka tabung itu cuma kas kecil.

mereka marah dong pas dibilang uangnya lebih murah dari obligasi itu. mereka bilang: bagaimana mungkin setumpuk kertas ini bisa jauh lebih mahal dari uang kami?!
dan mereka juga ga mau dibayar pake obligasi itu, di mata mereka itu cuma 'tumpukan kertas' yang ga ada harganya. hahahaha lucu juga pas bagian ini tuh.

pokoknya di film ini tuh bener2 keliatan deh makna uang buat orang 'kecil' sama orang 'besar' tuh. ajumma-ajumma itu bener2 sekuat tenaga usahanya biar uang mereka balik, bener2 sekuat tenaga. sedangkan buat Song Hae Ran sama orang yang ngerebutin obligasi itu, uang mereka ga ada artinya.

silakan ditonton aja filmnya, menghibur dan dapet pelajarannya kok :)



Song Hae Ran, yang bawa kabur uang mereka


orang dari perusahaan yang dicuri obligasinya sama Song Hae Ran sama yang nagih utang Eun Ji (ganteng ya? hehehe)


mereka berempat 'kemah' di depan bar pake van-nya Mi Kyung


 pas lagi balapan ngejar Song Hae Ran


ngebujuk I-Man buat ikut ngejar Song Hae Ran

2 komentar:

  1. kaya nya bagus deh mb zee,, nti lah yaa klo dah kelar uts cari" tuh film

    #sesama sufi sering-sering ya mb, ksih rekomndsi film

    BalasHapus
    Balasan
    1. okee, sering2 aja baca blog saya, kalo abis nonton film suka diposting kok :D

      Hapus