Minggu, 01 April 2012

sharing pengalaman nyari film :D

buat yang sama-sama suka film korea, baik itu movie atau drama, pasti suka aja kan nyari2 film2 yang bagus dan seru. kadang pengen donlot juga bingung mau donlot apa. atau nggak pas di tukang dvd banyak pilihan film tapi bingung mau yang mana. tar kalo udah beli trus ternyata ga bagus kan sayang duit juga. apalagi kalo belinya drama dan bukan yang satu keping. yang enam belas episode aja ada tiga keping, satu kepingnya kurang lebih 7-8 ribu, jadi sekitar 21-24rb satu film. uh kalo ga seru sayang banget tuh duitnya

mmm, ini bukan tips juga sih. saya cuma mau berbagi cerita aja soal gimana dapet film2 yang bagus dan seru. soalnya saya juga sering bingung mau donlot atau beli film apa tapi lagi kepengen nonton.

pertama biasanya saya nanya pendapat orang film apa yang bagus, orang yang suka nonton korea juga pastinya. ntar kan dikasih rekomendasi tuh.
tapi kadang juga arti bagus tuh beda2 setiap orangnya, relatif gitu. ada yang bilang film ini bagus banget, yang satunya bilang biasa aja. sesuai selera aja. kayak misalnya, saya kan ga suka film action. jadi pas ada yang bilang IRIS bagus, atau athena bagus, tetep aja saya ga mau nonton (meskipun ada TOP big bang di IRIS) soalnya pada dasarnya saya emang ga suka film action manapun.

kalo masih penasaran dan ga nemu yang pas dari rekomendasi orang, saya biasanya liat di blog orang yang suka nulis review tentang film korea. kan banyak tuh jenis filmnya dan saya bisa milih juga

atau engga, saya liat list film di tempat donlot langganan saya, dramacrazy.net. trus liatin judul2nya mana yang kira2 menarik, terus googling deh gimana cerita dan pendapat orang2 tentang film itu.

kalo dvd, biasanya orang yang jualannya tau tuh mana2 aja yang seru. tapi ga semua penjual juga sih. waktu itu saya di depok mbak2 nya emang suka ngasih rekomendasi. tapi pas di BCP ama BTC penjualnya ya kayak sekedar jual aja gitu.

emang, lagi2, mending tanya ke temen yang udah pernah nonton. ini bagus apa engga, seru apa engga. atau engga yaa googling aja. lebih gampang tuh hehehhe

kalo drama, mungkin enaknya beli dvd soalnya banyak banget kalo harus donlot. cuma sebenernya enakan nonton dari donlotan kalo kata saya, soalnya subtitle nya bagus ketibang dvd. tapi kan tetep aja suka sayang aja donlot gitu. apalagi kalo udah donlot banyak2 eh ternyata ga seru filmnya.

nah kemaren saya baru percobaan nih. jadi saya donlot drama Color of Woman 3 episode pertama (mumpung numpang ngenet di kampus hehhe). dan saya tonton kan malemnya. ternyata dari 3 episode pertama tuh udah ketauan apakah tuh film bakal seru apa engga. malah kalo film yang emang seru dan bagus, dari episode satu juga udah menarik dan bikin orang pengen nonton lagi. kayak What's Up, Personal Taste, 49 days.
 jadi, kalo misalnya mau donlot drama dan belom tau seru apa engga, donlot aja dulu tiga episode awalnya. tar dari situ ketauan tuh bagus apa engga-nya.

cuma kadang meski ga seru tapi tetep pengen tau gimana lanjutan ceritanya. padahal ga seru, tapi pengen tau aja. nah kalo gitu mending cari sinopsisnya di internet. skarang banyak kok orang yang bikin sinopsis drama tuh per episode, bukan sinopsis singkat gitu doang kayak yang suka saya bikin hahaha. lumayan kan, daripada musti donlot sampe abis atau beli kasetnya, mending baca sinopsisnya kalo buat pengen tau jalan ceritanya doang mah

dan satu lagi, buat kamu-kamu yang suka nonton film, donlot lah sendiri. jangan suka minta donlotin orang kecuali sama jasa pendonlotan film. meski itu sama orang yang suka banget nonton dan donlot film, yang mau nonton kan kamu, masa ga mau usaha sendiri sih?

usahanya kan minta donlotin #ngeles

yee, tetep aja ngeselin tuh begitu. orang ngedonlot ga selalu mulus, malah sering penuh perjuangan (ssaah bahasa gue). tapi bener, ini pengalaman soalnya. se-temen2nya, tetep aja ga etis kalo begitu. bener kata dosen etiket, tetep aja ada apresiasinya dong ama temen juga.

coba aja kamu yang di posisi minta di donlotin, udah ngabisin kuota modem, film yang didonlot belum tentu yang pengen ditonton, udah lama nunggunya sampe malem (lebaynya ini), eeh orang2 pada maunya gratisan lagi. ga etis kan?

jadi yaa, ini mah cuma berbagi cerita dan pengalaman aja. semoga bermanfaat yaa :D

8 komentar:

  1. saya malah sejenis borrower..a.k.a peminjam dvd drama korea sejati.hehehe... pertamanya cuma iseng aja, tp biasanya malah keterusan sampe episod terakhir dan selalu berulang ke drama2 korea lainnya..hehhe

    salam, stylish generation

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe boleh juga tuh, sekali2 gantian beli dvd-nya trus pinjemin ke orang laen :D

      Hapus
  2. gwa malah sering minta downloadin sama temen
    secara gwa koneksi cuma 1MB kalah jauh dibanding dia, gwa udah minta downloadin sama dia 150anGB lebih dan

    lagian koneksi dia kenceng banget, 8GB semalem doank kelar :D
    gwa aja 4GB 2 harian nonstop

    BalasHapus
    Balasan
    1. hah bukannya koneksi lu cepet juga ya muh? perasaan lu juga sering deh donlot2 film gitu

      Hapus
    2. download 40GB mba :D
      gwa download paling kenceng 120anKB/sec, itu juga cuma bisa malem2 soalnya kalo pagi koneksi gwa di share

      nah dia download dapet 250anKB/sec lebih, full seharian, gmn ga dimanfaatin. LOL :D

      Hapus
    3. wah gila 40 giga brapa film tuh, mantaap.
      gw jg mau dong punya temen kayak gitu haha

      Hapus
  3. Hai...Buat yg Minat Order dvd drama & film Korea,Jepang,Barat,dll secara online dgn kwalitas gbr bagus & subtitle Indonesia, hrg 5rb/dvd diluar ongkir, siap kirim Sel.Indonesia,kota pengiriman dari Jkrta

    Klik Fb : http://m.facebook.com/JualDvdDramaFilm?v=feed&filter=13&refid=17

    Atau via bbm : 27FC7549

    BalasHapus
  4. Klik FB Minat order drama Korea dilengkapi dgn album foto dan sinopsis

    http://m.facebook.com/JualDvdDramaFilm?v=feed&filter=13&refid=17

    Invite bbm: 27fc7549

    BalasHapus