Selasa, 31 Januari 2012

I'm sorry, I love you #bukansinopsis


Is there anyone, who ever felt the way you hurt so much after watching some movie, as If as you were in the same condition and place with the movie?

I feel it, I am feeling it now, that way, this time.

saya nangis kayak lagi ada masalah gede, nangis kayak pas lagi awal2 stres di kampus baru, nangis kayak pas ada masalah sama temen.

I am crying out loud.


this way, I never felt before.

saya ga pernah ngerasain yang kayak gini sebelumnya. kebawa-bawa film, kebawa kesel, marah, ikutan nangis juga, sering banget. kebawa emosi yang ada dalem film. sering banget stres abis nonton film korea
tapi yang sekarang beda

bukan stres gara2 alurnya, bukan sedih gara2 endingnya, ngga kayak hello ghost sama 49 days yang emang sedih, tapi yang ini tuh beneran. sampe sekarang, lima belas menit abis selesai nonton 16 episode, saya masih nangis. saya nonton film itu nggak kayak biasanya aku ngerasa itu nonton film, yang saya amatin dan nikmatin alurnya, yang being confused juga kayak alurnya; tapi ini tuh beneran kayak emang nyata. seseknya tuh berasa banget. nggak, nggak kayak aku yang ngerasain, nggak kayak aku yang jadi yang maennya. ini kayak saya nyaksiin langsung semua itu. kayak itu terjadi di dekat aku, terjadi di dunia aku, di orang sekitar saya.


jadi gini cerita awalnya kenapa bisa nemu ini film. judulnya, I'm sorry, I love you. ada satu blog tentang sinopsis film korea yang menurut saya bagus dan fair dalam nilai suatu film. terus dia bilang kalo drama ini bagus banget, dia ngga bosen nontonnya, yang meski endingnya sad tapi dia rasa itu yang terbaik. 

saya  udah ngerasa, wah film sedih nih. tapi ga tau kenapa penasaran aja. terus liat di drama crazy juga ada kan, dan akhirnya tertarik aja gitu buat downloadnya, 16 episode langsung. gatau kenapa saya rela2 download drama padahal biasanya mendingan beli kaset, kecuali what's up yang emang belom keluar kasetnya


terus, udah lama juga kan nggak nonton drama. sejak kuliah, jadi seringnya nonton movie aja, dan itu juga sengaja nyari yang lucu biar bisa ngehibur. dan sekarang baru nonton drama lagi.

pertama-tama, drama ini menarik aja. tentang seorang gadis 25-an yang jadi coordinator artis sekaligus temen dari kecil sekaligus dia suka juga, namanya song eun chae, dia maen di finding mr.destiny juga, makanya saya tertarik juga download ini drama. dia suka sama yoon, tapi yoon suka sama temen eunchae yang artis juga, minjoo. 
terus ada moohyuk, cowok 27-an yang tinggal di australi dan kerjaannya nipu turis yang lagi kebingungan. dia bisa berbagai bahasa, jadi gampang nipu turisnya. dia punya pacar yang milih nikah sama orang kaya. pas hari pernihakah pacarnya, dia nyelametin pacarnya dari tembakan dan dia yang kena tembakannya itu. ada dua peluru, yang satu bisa dikeluarin, dan yang satu nggak bisa. sebuah kejaiban dia masih hidup, tapi ngga tau sampe kapan dia bisa hidup

terus moohyuk ke korea buat nyari ibunya. dia tau dia dibuang sama ibunya, tapi selama ini dia yakin kalo ibunya itu miskin banget makanya harus buang dia. dia bertekad nyari uang yang banyak biar bisa ngasih hidup enak dan bahagia buat ibunya. ternyata, dia punya sodara kembar, cewek, yang agak kelainan soalnya pernah kena kecelakaan. ternyata juga, dia tau kalo ibunya itu kaya banget, ibunya itu ibu dari yoon


balik ke eunchae. dia tinggal sebelahan sama yoon, keluarganya deket banget sama keluarga yoon. eunchae terus masih suka sama yoon meski yoon udah jadian sama minjoo. terus, moohyuk dateng ke hidup mereka dan jadi manager yoon. awalnya, eunchae ngira moohyuk dateng ke korea buat ngejar dia, soalnya mereka emang pernah ketemu di australia dan moohyuk nyelametin eunchae. moohyuk nggak peduli eunchae mikir begitu, soalnya dia punya tujuan sendiri. dia punya niat buat bales dendam sama ibunya dan yoon. niat bales dendamnya ini muncul tenggelam. yoon udah nganggep dia kayak abangnya sendiri. tapi ibunya memperlakukan dia buruk, ga respek gitu. terus moohyuk juga ngeliat gimana ibunya begitu sayang sama yoon, tapi malah ngebuang dia sama kakak kembarnya.


eunchae yang mau ngelupain yoon, pengen pergi ke afrika. dia pamit sama moohyuk, dan akhirnya ditahan sama moohyuk. moohyuk bilang: jangan pergi, eunchae-ah. jangan pergi, aku akan memperlakukanmu dengan baik.

terus moohyuk bilang juga: jaga kakaku dan galchi (anak kakaknya) kalau aku pergi
eunchae tinggal sama keluarga moohyuk. dia deket sama kakak moohyuk sama galchi. dia bantuin jual kimbap, ngajarin moohyuk sama kakaknya yang nggak bisa nulis hangul, ngajak galchi ke sekolah. moohyuk bahagia banget pas itu. disitu tuh bener2, eunchae kayak, ngelengkapin keluarganya. kayak malaikat, lebaynya.

moohyuk bikin perjanjian sama tuhan: tuhan, kalau kau benar2 ada, kalau kau membuat dia (eunchae) tetap di sisiku sampai akhir waktuku, kalau kau membiarkannya membuatku nyaman, kalau kau tidak melukaiku lagi, aku akan melupakan kebencian dan kemarahanku. aku akan membuang kemarahan dan kebencianku.

dan emang, moohyuk hidupnya damai banget. dia tinggal sama kakaknya, galchi, eunchae. damai banget deh ngeliatnya. pas nonton bagian itu, rasanya pengen udahan aja. pengen berenti sampe situ aja filmnya. damai banget beneran.

tapi rusak lagi gara2 ibunya yoon nuduh kakaknya moohyuk nyuri cincinnya. moohyuk jadi ngelanjutin bales dendamnya lagi. dia bikin minjoo suka sama dia, terus yoon frustasi. yoon kecelakaan, hampir mati. tapi engga. yoon kena masalah sama hatinya. hati dalam arti liver, dan heart. soalnya dia nyadar kalo dia suka sama eunchae.

sedangkan eunchae udah suka sama moohyuk. jadi dia emang masih ngerawat yoon, tapi terus bilang ke 
yoon: tolong lepaskan tanganku. aku ingin pergi pada moohyuk ajussi.

yoon langsung desperate terus collapse. ternyata, keadaan hatinya makin parah. dia harus transplatansi kalo mau terus hidup. eunchae ngerasa bersalah. dia jadi terus jagain yoon dan ngejauh dari moohyuk.
sedangkan, ibunya yoon marah sama moohyuk karena dia nggak ngejaga yoon, jadinya yoon kecelakaan. dari mulai disini nih, aku mulai nangis terus. dari episode 11.


moohyuk bilang ke eunchae, kalo dia bakal ngasih hatinya ke yoon, maka eunchae harus tetep di sampingnya sampe dia mati. dia bakal mati kurang lebih dalam waktu 3 bulan. eunchae marah. 

dia bilang: apa hidup seperti lelucon bagimu? apa mati bagimu sebuah lelucon? baik, kalau begitu, matilah! cepatlah mati, lalu berikan hatimu pada yoon! aku akan melakukan apapun agar kau memberikan hatimu pada yoon, dan cepat mati!!


parah banget kan, parah banget kan, parah banget kan eunchae bilang begitu? emang sih, emang dia ngga tau moohyuk beneran mau mati, dia ngira moohyuk cuma bercanda, dan dia lagi kalap gara2 yoon lagi parah. tapi teteeeep aja.


moohyuk tuh sedih banget tau. emang ya, korea tuh dapeeet banget sedihnya, dapet banget romantisnya. pas eunchae sakit, dulu, awal banget, dia yang nyelametin, tapi eunchae ngiranya yoon yang nyelametin. terus, pas eunchae nungguin yoon sampe ketiduran, moohyuk meluk eunchae dan eunchae tidur di dada moohyuk, dan digenggam tangan moohyuk. 

terus, pas moohyuk meluk eunchae, pas dia lagi frustasi, eunchae bilang: ajussi, ayo bertemu lagi di kehidupan yang selanjutnya. kehidupan sekarang tidak berdamai dengan kita. di kehidupan selanjutnya, aku tidak akan kehilanganmu, ajussi.

ya ampun sedih banget ini film. mereka tuh saling cinta satu sama lain tapi susaaaaah banget buat bersama, menyakitkan banget buat bersama. yoon sama ibunya terlalu egois, yoon mau eunchae nikah sama dia, dan eunchae nggak tega soalnya yoon lagi sakit.


akhirnya, eunchae tau kalo moohyuk beneran mau mati. moohyuk cerita tentang peluru yang masih ada di kepala dia. ah udah ini udah sedih banget. soalnya gimanapun, aku yakin dia bakal mati. soalnya bukan kayak penyakit yang bisa disembuhin, dia tinggal nunggu waktu aja buat mati, soalnya pelurunya nggak bisa dikeluarin.

eunchae bilang ke moohyuk pas moohyuk nyuruh dia buat pulang ke rumah: kalau aku pergi, akan sulit bagiku untuk menemuimu lagi, ajussi. sangat banyak hal yang ingin kuberi padamu, tapi yang dapat kuberi hanya luka


besok-besoknya, eunchae kayak orang linglung. dia bengong aja sepanjang jalan mau kemana2. dia ngeliat bayangan moohyuk dimana-mana, pas dia udah seneng, tapi ternyata itu cuma bayangan.
sampe2, pas moohyuk bener2 muncul di depannya, dia nggak mau liat. dia takut itu cuma mimpi, cuma bayangannya. terus moohyuk ngenggam tangan eunchae terus ditempelin ke pipi moohyuk, sama ke dada moohyuk. moohyuk bilang: aku disini, kepala batu. tidakkah kau merasakan detak jantungku? aku disini, kau tidak bermimpi

terus, moohyuk jadi sering ada buat eunchae, kayak guuardian angel gitu. tapi cuma sebentar T_______T


ya ampuuun, kenapa sih buat saling suka, saling cinta, buat bareng aja susah banget? gila, sinetron banget ya pertanyaan gue. tapi bener, kalo anda, kamu, siapapun itu, nonton ini film, akan nanya begitu juga. bener2, susaah banget kayaknya buat mereka bareng.


yoon bilang ke moohyuk, kalo dia, kalo nggak punya kemampuan buat ngasih apapun ke wanita yang dicintainya, dia akan menyerah. moohyuk awalnya nggak peduli itu. tapi dia ngeliat eunchae yang ketiduran nungguin dia, dia jadi sadar. seperti biasa lah, orang yang sakit mau mati kan begitu, pergi dari orang yang dicintainya biar nggak bikin luka. eunchae liat dia pergi, eunchae teriak2 sambil nangis manggil2 ajussi


moohyuk pergi sama minjoo ke tempat yang jauh dari seoul. dia minta tolong ke minjoo buat bawa dia pergi dari seoul dan jangan bilang eunchae. tapi ternyata eunchae nunggu dia setiap hari di depan rumahnya. moohyuk nanya ke galchi: apa si bodoh eunchae noona masih di depan rumah?
dan selalu masih ada


sampe akhirnya minjoo ngga tega sama eunchae, sama moohyuk juga. dia ngasih tau eunchae dimana moohyuk dan akhirnya eunchae dateng.

eunchae bilang: apa kau pikir, ketika ajussi pergi nanti, si kepala batu kami akan sangat sedih dan terluka? karena itu kau pergi dan meninggalkanku? kematian adalah hal yang biasa. setiap orang akan mati. tenang saja, ajussi. aku ini sangat mudah melupakan. perasaanku pada yoon selama dua puluh tahun saja aku sudah melupakannya. aku benar2 baik dalam melupakan hal. mungkin beberapa waktu aku akan sedih. mungkin dalam waktu sebulan aku akan terus menangis dan sedih, tapi kemudian aku keluar dan bertemu dengan teman2ku, berbicara dan makan dengan baik. aku akan hidup dengan baik, ajussi. sekarang, mari jalani hidup dengan bahagia bersama


buat beberapa saat, mereka ngabisin waktu bareng, happily. daan, si paboo moohyuk itu bilang ke yoon buat bawa eunchae pergi. moohyuk sebelum pergi jauh dari seoul itu emang bilang ke yoon kalo mereka satu ibu, kalo ibunya ngebuang dia sama kakaknya. 

eunchae ngga percaya sama yoon, dia terus nyari moohyuk. tapi yoon terus bilang tentang fakta mereka kakak adik, dan bilang kalo moohyuk emang pengen ngerebut semuanya dari yoon.

eunchae pergi dengan nulis di kaca kamar mandi: maaf, aku mencintaimu

terus dia bilang ke yoon: apapun yang ia lakukan, aku yakin ia sungguh-sungguh padaku. aku yakin ia sungguh-sungguh padaku


terus, yoon ngumumin ke media kalo dia mau nikah sama eunchae.

eunchae nungguin moohyuk di rumahnya. terus pas moohyuk dateng, dia diem aja, moohyuk juga diem aja. pas ditelpon yoon, eunchae bilang: ada yang ingin kukatakan pada ajussi

sampe beberapa kali ditelpon, sampe udah malem, eunchae masih diem. terus akhirnya eunchae pulang, moohyuk ngikutin di belakangnya. moohyuk terus ngehalangin jalan dia.

eunchae bilang: besok, aku akan datang lagi. juga besoknya lagi. juga hari-hari selanjutnya. aku akan datang sampai aku sakit karenamu. aku akan berhenti kalau aku ingin berhenti. apa aku harus datang ketika yoon bilang untuk datang? apa aku harus pergi ketika ajussi bilang untuk pergi? aku ingin melakukan apa yang kulakukan, suatu saat aku juga akan merasakan hal seperti ini!

terus eunchae nangis. "saranghae... saranganta.... saranghae yo... saranganta...." eunchae terus bilang gitu sampe dia jongkok. dia terus nangis.

moohyuk bawa dia pulang ke rumah, dan ketemu ayahnya eunchae. moohyuk bilang: aku tidak akan muncul lagi. aku tidak akan muncul di hadapan eunchae lagi."



pas pulang ke rumahnya, ternyata ada yoon. yoon bilang: aku ini sebenarnya anak baik. kau yang membuatku seperti ini, hyung. aku anak adopsi ibu, untuk menggantikan anaknya yang dibuang itu. aku takut kau akan mengambil semua posisiku, makanya aku berbuat seperti ini. ibu membesarkanku dengan baik meski aku bukan terlahir dari rahimnya. pasti ada alasan yang sangat kuat mengapa kau dibuang


moohyuk shock pas tau itu. terus yoon collapse, dan dibawa ke rumah sakit.

terlebih lagi, besoknya ayahnya eunchae cerita semuanya. jadi ibunya itu hamil sama orang yang udah berkeluarga. ayah ama ibunya eunchae takut kalo ibunya bakal stres dan kesusahan ngehidupin anak tanpa suami, apalagi ayahnya itu suami orang. jadi ayahnya eunchae ngebuang mereka.

ayahnya eunchae bilang: ia tidak tahu apa-apa. ia bahkan tidak tahu kalau anaknya kembar. aku bilang padanya kalau anaknya mati. akulah yang bersalah, aku akan menganggung dosaku sampai mati


moohyuk makin shock pas tau hal itu. kebetulan, ibunya minta dia nganter pulang. pas di rumah, moohyuk minta dibikinin makanan. ibunya bikinin makanan buat dia. moohyuk nangis.

"dalam kehidupan yang selanjutnya, aku harap aku menjadi anakmu lagi. dan aku akan menjadi anak yang baik hati"

terus, dari luar, dia ngasih hormat ke ibunya. 

"...untuk melahirkanku dan memberiku kehidupan di dunia ini, terima kasih, ibu. terima kasih banyak. aku mencintaimu. aku mencintaimu, ibu."

pas moohyuk pergi, ibunya ke dapur dan ngeliat makanannya nggak abis. ibunya terus nyuci mangkok itu dan nangis. dia terus-terusan nangis sambil bilang: ada apa denganku? aku tidak tahu mengapa aku menangis. ada apa denganku?


dan moohyuk nelpon eunchae. dia bilang: kepala batu, maafkan aku. aku mencintaimu


terus telpon ditutup. moohyuk ngendarain motornya, dari hidungnya keluar darah. terus keluar darah banyak banget, sampe akhirnya dia jatoh.


udah, itu mati. yakin gue.



cerita nyambung satu tahun kemudian

bener kan, dia mati. soalnya yoon dapet transplatansi hati dari moohyuk. yoon lagi mau ngadain konser. ibunya dateng, dan sebelahan sama kakaknya moohyuk. oh iya, ibunya, udah lama, jadi deket sama keluarga moohyuk, dari sebelum moohyuk meninggal. sedangkan eunchae belom dateng, dia lagi pergi


ternyata dia pergi ke australia. dia dateng ke tempat yang dulu tempat dia sama moohyuk ketemu. terus, dia dateng ke kuburan moohyuk. di batu nisannya ada tulisan: I'm sorry, I love you
eunchae naro bunga di atas makam, terus tiduran di atas tanah makam moohyuk.


setting pindah ke tempat percetakan.
"sebuah mayat wanita korea ditemukan di sebuah pemakaman di melbourne, australia"

disitu, ada suara eunchae:

meskipun aku hidup, dia sangat kesepian.jadi aku tidak bisa membiarkannya kesepian seperti itu. hanya sekali ini dalam hidupku, aku memikirkan diriku, dan hidup untuk diriku sendiri. aku akan menerima hukumannya. song eun chae.


nah, gila kan ini film?
sediiiihnya tuh sedih banget. emang pas mulai2 saya nangis terus, aku bilang: udah deh semuanya mati aja kalo gini mah. bikin stres. dan emang, pas akhirnya eunchae mati juga, ngga tau kenapa lega aja. baguslah kalo gitu.

meski tau ini pemikiran bodoh, tapi baguslah. seenggaknya mereka sama2 meninggal. jadi nggak ada yang tersiksa hidup di dunia, dan bisa bareng disana. dan pemikiran bodoh lagi, aku ngelanjutin ceritanya, jadi di kehidupan selanjutnya, mereka beneran ketemu lagi, hidup bahagia, nggak susah kayak sekarang ini, nggak susaaaah banget buat suka, buat cinta

huft, rasanya kayak emang ada masalah, yang emang harus curhat sama orang. tapi kan kalo curhat pasti panjang banget. jadi penyelamatan pertama, posting di blog.

16 komentar:

  1. ini drama ku tonton udah lama banget and benar aja drama pertama yg bikin aku tetap mewek setengah jam setelah dramanya 'the end' ... tiba2 kangen drama ini eh nemu blog yg curhat ttg ini, walaupun udah diposting dr taun kemaren ku tetap komen krn pemikiran n hayalan akhir kita tentang drama ini sama ... hihiy banggeupseumnida ... mianata,saranghanda

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedih bangeeeet ya drama ini T______T aku juga kalo nontonin lagi masih kebawa sedihnya. waktu itu aku sampe seminggu sedihnya gara2 kebawa banget sedihnya :(

      dan so ji sub keren, aku jadi ngefans ama dia hehe

      Hapus
  2. Wah panjang amat reviewnya hehehe, benar salah satu drama yang sangat menyentuh dengan plot, alur dan ending yang keren ending andalan saya pemeran utamanya mati hahaha, masuk dalam top 10 Drama yang saya sukai, hanya berbagi coba drama ini juga
    1. Ima Ai ni Yukimasu Movie atau drama
    2. IL Mare Movie
    3. Tada, kimi wo aishiteru Movie
    4. My Sassy Girl Movie atau drama
    5. Sun Flower Movie
    6. Miracle of Giving Fool
    7. Masih banyak tapi nggak hafal semua judulnya wakakaka...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini emang bukan review atau sinopsis, kan di judulnya udah dibilang hehehe. postingan ini lebih ke curhatan saya tentang drama ini, yang sedihnya ampun-ampunan tapi saya suka banget drama nya :)

      oke, makasih rekomendasinya, dan ada beberapa yang udah saya tonton dan bagus juga :)

      silakan dibaca postingan saya yang lain :D

      Hapus
  3. ha.ha.ha.ha.jadi ketawa baca tulisan kamu..sama banget aku juga bener-bener nyesek banget dihati,aku nangis sampe tersedu2.aku heran banget kanapa korea tega banget manyakiti perasaan ku dengan menghadirkan nich film..dan aku juga jadi ngefuns ma so ji sub gara-gara nich film...tapi emang yang terbaik endingnya harus gitu...

    BalasHapus
  4. ha.ha.ha.ha.jadi ketawa baca tulisan kamu..sama banget aku juga bener-bener nyesek banget dihati,aku nangis sampe tersedu2.aku heran banget kanapa korea tega banget manyakiti perasaan ku dengan menghadirkan nich film..dan aku juga jadi ngefuns ma so ji sub gara-gara nich film...tapi emang yang terbaik endingnya harus gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhuu iya sedih banget kaan? T________T
      iya sih pas eunchae nya juga mati, jadi sama2 mati aja dua2nya kali ketemu 'disana' hihi

      samaa aku jg jadi ngefans ama so ji sub dari drama ini :D

      Hapus
  5. ternyata nemu juga org yg ska sama i'm sorry, ilove you.. aq juga nonton film ini dri msh SMP thn 2004/2005.. smpe skg klo mo diinget mmg langsung pengen nangis, Ost nya juga tuh mmg tepat bgt.. bqin mewek,,
    nie aq lagi nonton filmnya lagiii, gak bosan2 deh,,
    hehehe T_____T

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa ost-nya emang bikin makin sedih :( ini drama korea paling sedih yang aku tonton deh kayaknya, tapi baguus. aku juga suka ngulang-ngulang lagi, suka dengerin ost-nya kalo mau tidur hehehe

      Hapus
    2. Kasih link downloadnya dong .... pengen nntn ni mksh sblmnya ya

      Hapus
    3. coba streaming aja di web-web drakor, kayak di www.gooddrama.net, dan semacamnya banyak kok :D

      Hapus
  6. Sbnarnya ibunya tau ga si klo mohyuk itu anknya. Wlaupn ibunya mgkn bsa gila jka tau itu anknya, ibunya hrus tau, klo mlang bget mohyuk. Lhrnya ga diktahui, mtinya jga ga ad yg tau. Hran deh ma pnulisnya, yg mlang2 diksh ke mohyuk smua. Gliran sneng2, dibrong sma yoon.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yaa sampe meninggal ibunya ga tau kalo moohyuk itu anaknya? padahal aku berharapnya tau, abis ga terlalu dijelasin kan ya soal itu

      kasian moohyuk :( :(

      Hapus
  7. Ada nga dramanya tapi sub indo,pengen nonton..ada yang punya linknya????

    BalasHapus
  8. Ada nga dramanya tapi sub indo,pengen nonton..ada yang punya linknya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. belum pernah nemu yg sub indo, selama ini adanya yg sub inggris aja :)

      Hapus