Rabu, 14 Desember 2011

styles of loving

next materi kuliah, masih PIK :)


kalo sekarang, ngebahas tentang styles of loving. saya kurang begitu yakin nih, apa ini pendapatnya Julia T. Wood (penulis buku pik saya), apa pendapatnya Hendrick & Hendrick, soalnya dikotakin gitu.
yaa, whatever, bahas gaya nya langsung aja yaa :D

1.Eros
tipe ini tipikal yang bersemangat; passionate, intense, fast moving kalo ditulis disininya mah. cumaa, jangan karena kata 'semangat' dalam mencintai langsung mikirnya ke arah seks aja. semangat disini dia ngedukung pasangannya, baik dari segi spiritual, pendidikan, etc

2. Storge
kalo tipe ini, tipe yang dia itu sama pasangannya udah kayak sahabatan aja. nyaman jadinya. tipe hubungan yang terbangun ini nantinya, dia tumbuh dan nyiptain kestabilan dalam hubungannya

3. Ludus
nah ini nih, yang biasanya banyak cowok tipe ini (sori dori mori yee, fakta sih. cewek juga ada siih). tipe ini itu nganggep hubungan dia sama pasangannya just having fun. cinta itu kayak permainan, puzzle, yang ga ada keseriusan atau komitmen di dalamnya

4. Mania
kalo tipe ini ekstrim orangnya. jadi dia ngekang pasangannya, posesif lah istilahnya.

5. Agape
ini tipe orang baik hati nih. jadi buat orang ini, yang paling penting itu kebahagiaan pasangannya. orang tipe ini itu baik hati dan tidak sombong, ga egois, baek baek lah pokoknya. kayak misalnya ada kan, orang yang pengennya bikin pasangannya bahagia terus, entah itu ngasih hadiah, ngertiin apa mau pasangannya
tadi pas presentasi, temen saya nyontohinnya agak 'ekstrim'. jadi contohnya itu, orang ini ngerelain pasangannya sama orang laen soalnya pasangannya itu suka sama orang laen. jadi si orang ini rela-rela aja pacarnya pergi dari dia selama pacarnya itu bahagia, ikhlas lillahi ta'ala gitu
sekelas langsung heboh tuh ya. gilee, bae bener tuh orang. ada apa orang yang ikhlas begitu?
sesaat, saya sempet terbersit, eh kayak gue ke si erectus itu deh. tapi beberapa saat kemudian, saya ngakak dalem hati. bukannya ikhlas redo rela, tapi emang yaa mau gimana lagi? ga ikhlas juga dia ga ama gue kan? hahaha *curcol dikit nih gue :p

6. Pragma
tipe ini pragmatis dan bener-bener goal-oriented dalam mencintai. jadi dia itu selektif dalam milih orang buat dicintai, berdasarkan alesan yang tepat. biasanya dia nyari orang yang sama, maunya ama yang sama.
susah nih orang kayak gini. suka ama orang aja banyak perhitungannya hehehehe


jadi, tipe apa anda? silakan dipikir dan dibaca-baca lagi :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar