Rabu, 19 Januari 2011

kepada mereka yang berhati mulia, berhati bening, dan bermental baja

kalaupun ada yang saya sesali, itu adalah kesalahan saya dalam mengambil keputusan.bukan akibat dari kesalahan saya itu.
saya rasa tidak ada yang saya sesalkan dalam setahun ajaran ini. terlepas bagaimana rencana saya tahun depan dan apa  jadinya saya tahun depan; saya rasa tidak ada yang saya sesalkan.saya tidak merasa membuang waktu saya.
karena saya mendapat banyak-banyak-banyak sekali hal berarti disini.

dari temen-temen yang seolah udah kenal bertaun-taun, bukan cuma 3/4 bulanan.
dan orang-orang yang sangat-sangat subhanallah, walhamdulillah, walaailaahaillahllahu allahuakbar!

sangat-sangat amazing pokoknya.

ada satu orang, temen yang saya kagumi dari awal, sebut aja X.

X ini dari daerah, dengan logat yang masih sangat kental. dulu saya sama temen2 laen slalu ketawa denger dia ngomong (kalo sekarang mah udah biasa).
tapi saya liat dia ga pernah minder sama apapun yang ada dalam dirinya. ya saya ga tau juga dalem dirinya minder apa enggak, yang jelas kalopun dia minder dia ga pernah nunjukiin keminderannya itu. tapi enggak ah, kayaknya dia emang ga pernah minder (keukeuh.hahaha)
itu hal pertama yang bikin saya kagum sama dia.
terus, dia itu sangat giat dan usaha maksimal banget di semua pelajaran. saya ga tau juga gimana basic akademiknya; apa pinter, sedang ato agak ga pinter.yang jelas saya liat dia selalu semangat kalo lagi belajar, dan selalu nyemangatin kita, temen2 sekelasnya, kalo kita lagi down ato bete banget sama tugas2 dari dosen. saya saebagai orang yang sering banget malesnya kambuh dan sangat ogah-ogahan belajar, sangat tertegun sama semangat yang saya liat selalu berkobar dalam dirinya.
terus, dia pernah kultum depan kelas.cara dia sampein kultum itu enak banget.bikin semua orang enak dengernya dan ga lepas merhatiin apa yang dia omongin. ga ngeguruin, tapi kita bisa liat kalo pengetahuan dia luas banget, dan sama sekali ga ada raut belagu ato sombong dari dirinya. dia amat rendah hati.bersahaja saya liatnya mah.
dan banyak hal lagi yang bikin saya terkagum-kagum sama dia.
intinya dia keren.hebat.amazing.
saya amat salut ama dia. amat sangat salut.

pas uas ini, dari beberapa hari sebelum uas juga, saya ama temen2 udah denger banyak temen yang ga bisa ikut uas karena ada masalah administrasi.
dan dia termasuk.

(tahukah kalian, dia itu kuliah pake uang tabungan dia meski masih ada kurangnya.sedangkan saya??)

dan saya juga ga bisa berbuat apa-apa selain doa.paling cuma bisa infak, berapalah. ga akan bisa juga menuhin kurangnya kecuali saya infak terus selama setaun.mungkin temen2 juga cuma bisa nyumbang beberapa rupiah.

saya sebenernya pengen nangis banget pas tau dia awal2 uas ga ikut ujian sama kita. tapi kita ga bisa berbuat apa-apa.harus apa?harus melakukan apa?
padahal kalau dilihat dari apa yang dia lakukan selama ini untuk kuliah, dia jauuuuuuuuuhhhhhhhhhh lebih pantas duduk di ruang ujian dibanding saya.dia sangat pantas duduk di ruang ujian.

dan pagi in, sodara-sodara,say liat X itu duduk di bangku ujian yang teramat pantas untuknya itu (saya kan telat tadi), dan kalo boleh lebay mah,zwing..zwing... slow motion gitu pas lewat depan kelas saya (kan turunan gitu).terpana.ga percaya.
dan SUMPAH saya pengen-pengen-pengen banget nangis.antara terharu, seneng, sedih (ga tau juga kenapa ada sedihnya ya?).pokoknya campur aduk liat dia udah di kelas, disini, bareng kita, ikut ujian, menduduki tempat yang emang amat sangat pantas buat dia.
saya sempet ga konsen pas awal ngerjain soal karena masih campur aduk, pengen nangis, begitulah pokoknya.

oiya, saya kelupaan.pas kita udah tau dia ada masalah administrasi, beberapa hari sebelum uas, dia masih ceria-ceria aja di kelas.masih riang aja.disitu hati saya teriris banget.kalo saya diposisi dia, yakin ga akan konsen dan mood ngapa2in.

dan tadi itu dia diem aja.yaa.. mungkin dia juga masih campur aduk kali ya. saya aja yang ngeliat campur aduk, apalagi dia. keaduk-aduk kali perasaannya.

pas keluar kelas, saya dikasih tau kalo urusan administrasi X itu ada yang naggung semuanya (nominalnya ga sedikit), dan itu salah satu anak kelas saya.

sepanjang jalan saya pulang dari kampus, saya tertegun. ga bisa berkata-kata. takjub.
subhanallah.masya Allah. Allahuakbar.

ada ya orang-orang amazing kayak mereka? kayak siX itu? kayak si no name yang ngebantu X tanpa mau disebut namanya?

saya pernah baca sebuah statement:"surga masih jauh"
dan keadaan ini ngebuat saya menerawang dan menbatin:surga emang masih jauh, melihat mereka yang berhati mulia, melihat mereka yang berhati bening, melihat mereka yang bermental baja.

dan saya ini apa??

saya berdoa dari lubuk hati terdalam; semoga mereka mendapat tempat yang amat mulia di sisi Allah kelak. semoga Allah melipatgandakan pahala mereka. semoga Allah selalu menguatkan hati mereka. semoga Allah selalu memberi rahmat pada mereka sepanjang hidup mereka.



dan terima kasih Allah, telah menganugerahkan teman-teman sehebat mereka dalam hidup saya.
terima kasih banyak.



at my crowd lodjing.12:29.

1 komentar: